Bantul luncurkan sistem pendaftaran online pengujian kendaraan

id kendaraan

Bantul luncurkan sistem pendaftaran online pengujian kendaraan

kendaraan (Foto)

Bantul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta meluncurkan aplikasi Sistem Pendaftaran Online untuk pengujian kendaraan di Tempat Pengujian Kendaraan Jalan Parangtritis guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Sipentol (sistem pendaftaran online) ini merupakan inovasi kita dalam mengikuti perkembangan secara teknologi untuk menunjang pelayanan kepada masyarakat," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul Aris Suharyanta usai peluncuran Sipentol di Tempat Pengujian Kendaraan Bantul, Senin.

Menurut dia, pelayanan kepada masyarakat dalam hal ini pemilik angkutan orang maupun angkutan barang di Bantul sebagai wajib uji haruslah semakin hari semakin baik, semakin murah dalam arti terjangkau, semakin mudah dan kemudian semakin cepat.

Oleh sebab itu, kata dia, dengan adanya Sipentol ini nantinya akan bermanfaat bagi masyarakat karena wajib uji dalam mendaftar tidak perlu datang ke Tempat Pengujian Kendaraan, namun bisa dilakukan di manapun mengingat kendaraan masih beroperasi di tempat jauh.

"Dari sisi tenaga juga menghemat, karena kita itu melayani pengujian kendaraan angkutan barang maupun orang yang setiap saat digunakan oleh masyarakat untuk penghasilan yang punya kendaraan. Sehingga kita bisa melayani dengan tepat waktu," katanya.

Aris mengatakan, apalagi selama ini wajib uji kendaraan seringkali berebut datang pagi ke tempat pengujian untuk mendapat antrean nomor terkecil bahkan ada yang menginap malam sebelumnya demi mendapatkan pelayanan petugas pada awal hari itu.

"Dengan Sipentol ini, misalnya hari ini kita mendaftar nanti di android yang mendaftar akan terjawab diuji besok jam 10.00 WIB, sehingga ke sini tepat jam itu langsung dilayani tidak perlu antre. Sehingga harapan kami wajib uji mendaftar dan datang tepat waktu dan tidak ganggu jalan raya," katanya.

Selain efisiensi, kata dia, dengan inovasi Sipentol ini akan bisa memberikan kepastian pelayanan pengujian dan memperpendek waktu antrean wajib uji, serta meningkatkan akurasi pengujian kendaraan yang setiap hari mencapai sekitar 100 kendaraan.

"Inovasi dengan mengaplikasikan teknologi informasi (IT) dalam melayani jumlah kendaraan wajib uji yang semakin hari terus bertambah ini sekaligus mendukung program Bupati Bantul menuju Bantul Smart City," katanya.

KR-HRI
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024