Gunung Kidul intensifkan sosialisasi penataan kawasan pantai

id Gunung Kidul intensifkan sosialisasi penataan kawasan pantai

Gunung Kidul intensifkan sosialisasi penataan kawasan pantai

logo Pemkab Gunung Kidul (foto istimewa)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Pemerintah Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengintensifkan sosialisasi kepada masyarakat di kawasan Pantai Sepanjang supaya mau direlokasi karena ada penataan kawasan pantai.

"Kami melakukan komunikasi dengan para pedagang, dan kelompok sadar wisata (pokdarwis) yang ada di Pantai Sepanjang," kata Camat Tanjungsari Rakhmadian Wijayanto di Gunung Kidul, Minggu.

Dia mengatakan pemkab menetapkan Pantai Sepanjang sebagai pantai percontohan. Sehingga nantinya akan ditata sedemikan rupa dan diguanakan sebagai percontohan kawasan pantai yang lain.

Menurut dia pemerintah menghindari eksekusi langsung, karena berdampak tidak baik. "Sosialisasi terus dilakukan kepada para pedagang sekitar pantai sepanjang," katanya.

Rakhmadian mengatakan lapak yang ada di Pantai Sepanjang jika merujuk aturan merupakan kawasan terlarang bangunan. Untuk itu, pihaknya terus berupaya mengajak masyarakat untuk tertib.

"Secara bertahap, masyarakat di sana mendukung," katanya.

Nantinya seluruh lapak milik pedagang akan dipindah di sisi utara. Sehingga bisa memberikan ruang terbuka kepada para wisataan. Selain itu, nantinya jugha akan ada lokasi parkir yang represntatif bagi para pengunjung.

"Nanti wisatawan turun, langsung bisa berbelanja ke warung milik pedagang," katanya.

Sementara, pelaku usaha di kawasan pesisir Gunung Kidul Ngatno mengatakan kawasan pantai ditata sedemikian rupa karena untuk mencegah semrawut. Menurut dia, pemadangan pantai harus tetap dijaga jangan sampai potensinya rusak karena ini dapat memengaruhi minat wisatawan untuk berkunjung.

"Jangan sampai nanti pengunjung kapok ke sini," katanya.

Sebelumnya,Bupati Gunung Kidul Badingah mengatakan kawasan pantai saat ini kurang tertata, banyak bangunan yang menghalangi pemandangan wisatawan.

"Sudah perintahkan ke sekda untuk dapat koordinasi untuk segera melakukan upaya penataan. Kami sendiri menginginkan penataan kawasan pantai," katanya.

Ia berharap dengan penataan pantai ini diharapkan bisa didukung semua pihak. sebab, jika kawasan pantai semakin baik, pengunjung semakin banyak, bisa meningkatkan perekonomian. "Pengunjung ramai bisa meningkatkan perekonomian," katanya.



(U.KR-STR)