Dinkes baru berikan imunisasi MR 98.000 anak

id imunisasi

Dinkes baru berikan imunisasi MR 98.000 anak

ilustrasi (Foto Humas Pemkot Yogyakarta)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, baru memberikan imunisasi campak dan rubella atau MR kepada 98.000 anak dari total 147.000 anak.

"Total sampai hari ini, sudah ada sekitar 98.000-an anak, atau 67 persen yang sudah diimunisasi MR," kata Kepala Seksi Surveilance dan Imunisasi Dinas Kesehatan Gunung Kidul Niken Widyawati di Gunung Kidul, Kamis.

Dia mengatakan sampai akhir September, pihaknya optimistis target yang ditetapkan sebanyak 147.000 anak bisa terpenuhi. Pada Agustus lalu, pihaknya menyasar sekolah, dan pada September, petugas menyasar posyandu dan anak sekolah yang belum mendapat MR.

"Kami optimistis, sebanyak 147.000 anak akan mendapat imunisasi MR," katanya.

Niken mengatakan dari data yang ada pihaknya sudah menyasar 98 persen pelajar yang ada di Kabupaten Gunung Kidul. "Nanti yang belum akan kita sasar imuniasasi, bukan karena penolakan tetapi karena saat pelaksanaan siswa tidak masuk. Nanti akan disisir lagi," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Dewi Irawati mengatakan imunisasi MR kebijakan dari pusat. Imunisasi ini sangat penting untuk mencegah penyakit cacar dan rubella, sehingga tumbuh kembang anak dapat berjalan dengan baik.

"Kami optimistis target bisa diselesaikan," katanya.

KR-STR