Yogyakarta maksimalkan domapan dukung promosi wisata

id Domapan

Yogyakarta (Antara Jogja) - Pemerintah Kota Yogyakarta akan memaksimalkan fungsi bus pariwisata yang dimiliki, yaitu Domapan, untuk mendukung promosi wisata daerah itu.

"Bus terus dimanfaatkan untuk mendukung promosi wisata dalam berbagai bentuk. Misalnya mengantar tamu yang datang berkeliling Yogyakarta dan menikmati suasana kota," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono di Yogyakarta, Kamis.

Bus pariwisata yang diperoleh Pemerintah Kota Yogyakarta tersebut memiliki bentuk yang unik, yaitu berupa bus bertingkat dengan atap terbuka. Di bagian atas dilengkapi dengan tempat duduk sehingga penumpang bisa menikmati suasana Yogyakarta dengan lebih leluasa.

Bus yang didominasi warna hijau dan merah tersebut memiliki panjang 7,47 meter, tinggi 3,15 meter lebar 2,1 meter dengan kapasitas 30 penumpang. Bus hibah dari salah satu perusahaan tersebut diterima Kota Yogyakarta saat kota tersebut merayakan ulang tahun ke-259.

"Kami terus berusaha melengkapi ketentuan administrasi yang dibutuhkan agar bus bisa dioperasionalkan dengan lebih optimal," katanya.

Ia menegaskan jika masyarakat membutuhkan bus tersebut untuk mendukung kegiatan dapat mengajukan permohonan untuk menggunakannya.

"Pemeliharaan dan perawatan bus dilakukan secara rutin sehingga saat bus dibutuhkan untuk mengantar tamu atau kegiatan lain bisa dioperasionalkan dengan baik," katanya.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan bus sudah mampu lolos uji kelaikan sehingga dapat dioperasionalkan untuk mendukung pariwisata.

"Kami akan lengkapi surat-surat kendaraan. Yang pasti, bus tersebut bukan untuk angkutan umum sehingga akan diberi pelat nomor hitam," kata Hayadi.

Oleh karena itu, lanjut dia, operasional bus tidak membutuhkan trayek khusus meskipun tidak seluruh ruas jalan di Kota Yogyakarta dapat dilalui oleh bus bertingkat terbuka itu.

"Karena bus cukup tinggi, tentu operasionalnya harus memperhatikan bentangan kabel yang ada di jalan. Penumpang di bagian atas juga diminta tetap memperhatikan keselamatan saat menggunakannya," katanya.

(E013)