Gempa 5,1 Sr guncang Kabupaten Gunung Kidul

id gempa

Gempa 5,1 Sr guncang Kabupaten Gunung Kidul

Ilustrasi wilayah gempa barat daya Bantul, Yogyakarta (Foto dev.main.salsil.com) (dev.mai.sai)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Gempa tektonik berkekuatan 5,1 skala Richter mengguncang Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis, pada pukul 11.12 WIB, dengan pusat gempa di laut berada pada 125 kilometer barat daya Kabupaten Gunung Kidul.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta I Nyoman Sukanta dihubungi di Yogyakarta, Kamis, mengatakan posisi pusat gempa berada pada 9,25 derajat Lintang Selatan (LS) dan 110.42 derajat Bujur Timur (BT), pada kedalaman 23 kilometer.

"Ditinjau dari kedalaman hiposenternya gempa ini kategori gempa dangkal yang tidak memiliki potensi memicu tsunami," kata Nyoman.

Menurut dia, pemicu peristiwa gempa yang terjadi dengan durasi hampir 10 detik itu disebabkan subduksi dua lempeng benua di DIY. Berdasarkan peta tataan tektonik, di wilayah Samudra Hindia Selatan Jawa memang terdapat zona subduksi.

"Disebabkan subduksi dua lempeng, yakni indoaustralia dan eurasia. Peristiwa ini bisa terjadi sewaktu-waktu," kata dia lagi.

Getaran gempa tersebut, menurut Nyoman, dirasakan di Kabupaten Gunung Kidul, dan Kota Yogyakarta hingga Trenggalek dengan skala guncangan sedang antara II-III (Modified Mercalli Intensity).?

Sejumlah warga di sekitar Klaten, Jawa Tengah juga mengaku merasakan gempa itu. "Lumayan kuat terasa di sini," kata Siti, salah satu mahasiswa praktik di sebuah RS di Klaten saat gempa sedang berada di lantai empat.

Nyoman mengatakan hingga pukul 11.23 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Nyoman pula.


(T.L007)