Kelurahan cepat berkembang di Yogyakarta peroleh stimulan

id Kelurahan cepat berkembang di Yogyakarta peroleh stimulan

Kelurahan cepat berkembang di Yogyakarta peroleh stimulan

Pemkot Yogyakarta (Foto Istimewa) (istimewa)

Yogyakarta,(Antara Jogja) - Sebanyak empat kelurahan di Kota Yogyakarta yang mendapat nilai terbaik dalam kategori kelurahan cepat berkembang memperoleh stimulan dana dari Pemerintah Kota Yogyakarta yang bisa digunakan untuk membiayai kegiatan di wilayah.

"Sebenarnya, semua kelurahan di Kota Yogyakarta, 45 kelurahan masuk dalam kategori kelurahan cepat berkembang. Namun, kami melakukan penilaian internal lagi dan menetapkan empat kelurahan terpilih," kata Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Kota Yogyakarta Zenni Lingga di Yogyakarta, Selasa.

Keempat kelurahan dengan penilaian terbaik tersebut adalah Kelurahan Tahunan, Wirogunan, Ngupasan dan Suryatmajan. Keempatnya memperoleh dana stimulan dengan besaran bervariasi antara Rp26,5 juta hingga Rp40 juta.

Dana stimulan tersebut dapat digunakan untuk membiayai kegiatan di wilayah sesuai dengan proposal kegiatan yang sudah diajukan.

Penilaian perkembangan kelurahan dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 51 Tahun 2015, yaitu menentukan kondisi kelurahan dalam tiga kategori cepat berkembang, berkembang dan kurang berkembang.

"Pada awalnya, setiap kelurahan melakukan penilaian secara mandiri terhadap berbagai aspek kegiatan, di antaranya di bidang pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan," katanya.

Indikator penilaian yang digunakan di antaranya kinerja pemerintahan, penggunaan teknologi infromasi, inovasi, partisipasi masyarakat, investasi, tanggap bencana, pendidikan dan kesehatan.

"Hasil penilaian di kelurahan kemudian diverifikasi bertahap, mulai dari tingkat kecamatan hingga kota," katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengingatkan setiap kelurahan untuk terus melakukan inovasi, khususnya di bidang pelayanan masyarakat agar kualitas pelayanan terus meningkat.

"Dengan demikian, partisipasi masyarakat dalam pembangunan di wilayah juga akan semakin baik. Misalnya partisipasi untuk menjaga kebersihan lingkungan, dan fasilitas umum," kata dia.

(E013)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024