Kapolres : lalu lintas kawasan wisata Bantul lancar

id arus mudik

Kapolres : lalu lintas kawasan wisata Bantul lancar

Kepadatan arus namun lancar di Jalan Parangtritis Bantul, DIY (Foto ANTARA/Sidik)

Bantul (Antara) - Kepala Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta Ajun Komisaris Besar Polisi Imam Kabut Sariadi mengatakan arus lalu lintas kendaraan di jalur menuju objek wisata maupun kawasan wisata pada libur Lebaran 2017 dalam kondisi lancar.

"Di kawasan wisata khususnya kawasan Pantai Parangtritis keamanan dan ketertibannya terjaga dengan baik, kemudian arus lalu lintas saat ini dilaporkan cukup lancar meskipun padat," kata Imam di Bantul, Selasa.

Menurut dia, hingga saat ini juga belum ditemukan penumpukan-penumpukan ataupun titik-titik kepadatan lalu lintas kendaraan yang mengakibatkan kemacetan. Hal itu tidak lepas dari peranan petugas yang diterjunkan untuk pengamanan lebaran.

Imam mengatakan dalam pengamanan di kawasan wisata khususnya Pantai Parangtritis yang menjadi destinasi andalan di Bantul, institusinnya selalu berkoordinasi dengan instansi terkait di Pemkab Bantul seperti Dinas Perhubungan dan Satpol PP.

"Termasuk ada Tim SAR (pencarian dan penyelamatan) dan para relawan, mereka bersama-sama bersatu terpadu untuk memantau pelaksanaan wisata yang dilakukan wisatawan baik dari dalam Kota Yogyakarta maupun luar kota," katanya.

Ia juga mengatakan guna memastikan pengamanan untuk mewujudkan keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di kawasan wisata, pihaknya sudah melakukan pemantauan dan pengecekan ke pos pengamanan lebaran yang didirikan di kawasan wisata.

"Pemantauan sebagai sarana kita melakukan pengecekan sekaligus pengawasan, pengendalian berkaitan dengan Operasi Ramadniya Progo 2017, jadi kita memastikan bahwa kamtibmas termasuk di kawasan wisata bisa berjalan dengan baik," katanya.

Imam juga mengatakan dalam pelaksanaan Operasi Ramadniya Progo 2017, Polres Bantul menerjunkan 450 personel yang tersebar di beberapa titik, kemudian ada pasukan pendukung atau cadangan yang disiapkan sekitar 200 anggota Polres Bantul.

"Kemudian jumlah pasukan ini didukung oleh beberapa komponen lain khususnya dari TNI, kemudian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul juga aparat keamanan dari beberapa intansi terkait," katanya.

(KR-HRI)