Nilai kelulusan ujian SD Bantul 2017 turun

id Sd

Nilai kelulusan ujian SD Bantul 2017 turun

Ilustrasi, (FOTO ANTARA)

Bantul, (Antara Jogja) - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabipaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan rata-rata nilai kelulusan Ujian Akhir Sekolah Berbasis Nasional tingkat sekolah dasar daerah ini pada tahun 2017 menurun dibanding 2016.

"Rata-rata nilai kelulusan Ujian SD pada tahun ini 210,58, sementara rata-rata nilai kelulusan tahun kemarin 229,35, jadi ada penurunan," kata staf Sub Bagian (Subbag) Program Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bantul Sudarto di Bantul, Jumat.

Pihaknya tidak mengetahui pasti penyebab turunnya rata-rata nilai kelulusan UASBN SD di Bantul, namun menurutnya lebih karena faktor penurunan tingkat belajar siswa peserta ujian, tetapi kondisi itu juga dialami semua kabupaten/kota di DIY.

"Tidak hanya Bantul, namun satu provinsi DIY rata-rata nilainya juga turun. Dan untuk Bantul semua peserta ujian baik SD maupun SMP tahun ini lulus. Total jumlah peserta ujian SD di Bantul ada 11.776 siswa," katanya.

Ia mengatakan, meski rata-rata nilai kelulusan UASBN 2017 turun namun peringkat yang diraih Bantul tetap berada di posisi empat dari lima kabupaten/kota se-DIY, atau hanya mampu unggul dari Kabupaten Gunung Kidul.

"Kalau dibanding dengan tahun kemarin untuk peringkatnya sama, yaitu peringkat keempat. Peringkat pertama Kabupaten Sleman, kemudian Kota, Kulon Progo, Bantul dan terakhir Gunung Kidul," katanya.

Sudarto mengatakan, meski di tingkat kabupaten peringkat empat, namun untuk setingkat Kelompok Kerja (Pokja) kecamatan, UPT Kretek menduduki peringkat tiga se-DIY, sedangkan nilai salah satu siswa SD Kanisius Ganjuran raih peringkat dua se-DIY.

"Tahun ini di Bantul tidak ada nilai yang sempurna mencapai 300, karena nilai tertinggi 288, namun kalau tiga tahun lalu di Bantul ada nilai yang sempurna dari siswa Banguntapan. Bantul dalam tiga tahun ini turun nilainya," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bantul Didik Warsito membenarkan bahwa rata-rata nilai kelulusan UASBN 2017 di Bantul turun, hanya saja penyebab penurunan nilai masih dikaji, karena dirinya aktif menjabat pimpinan dinas ini baru beberapa hari.

"Kalau pengumuman nilai kelulusan UASBN hari ini (9/6), namun untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SD masih lama," katanya.***4***

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024