Bantul berencana adakan pasar murah saat Ramadhan

id pasar murah

Bantul berencana adakan pasar murah saat Ramadhan

Ilustrasi pasar murah (antaranews.com)

Bantul (Antara) - Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berencana mengadakan pasar murah yang menyediakan berbagai kebutuhan pokok strategis saat bulan Ramadhan 1438 Hijriah.

"Untuk operasi pasar sebelum puasa sudah dilaksanakan minggu lalu, dan akan kita lanjutkan pasar murah saat puasa ini, rencananya di komplek gudang SRG (Sistem Resi Gudang) Niten," kata Kepala Dinas Perdagangan Bantul Subiyanta Hadi di Bantul, Selasa.

Menurut dia, rencana pasar murah saat Ramadhan itu bertujuan untuk menjaga kestabilan harga dan pasokan kebutuhan pokok, mengingat selama bulan puasa tersebut permintaan pangan cenderung meningkat dibanding hari biasa.

Ia mengatakan, dipilihnya gudang SRG itu karena pihaknya ingin memanfaatkan gudang komoditas di Jalan Bantul atau Desa Niten itu, apalagi sudah ada petugas jaga gudang yang bisa membantu pelaksanaan pasar murah.

"Untuk saat ini kami sudah melakukan audiensi dengan orang Bulog (Badan Urusan Logistik) dan Pemda DIY, karena dalam pertemuan sebelumnya mereka siap fasilitasi. Kita tunggu surat dari DIY," katanya.

Subiyanta mengatakan, dalam audiensi itu pasar murah kebutuhan pokok agar disiapkan selama bulan Ramadhan untuk kestabilan harga. Namun demikian, pelaksanaan juga mempertimbangkan kondisi di pasaran setelah ada evaluasi.

"Kalau kontrak awal saya selama bulan Ramadhan atau setidaknya sampai jelang Idul Fitri, namun kita lihat nanti, dan juga akan ada evaluasi," katanya.

Ia menjelaskan, kebutuhan pokok yang disediakan dalam pasar murah itu rencananya beras medium, gula pasir, minyak goreng, telur ayam, tepung serta komoditas pokok lainnya yang dirasa dibutuhkan nanti.

"Seperti pada operasi pasar kemarin, untuk harga bahan pokok yang dijual di pasar murah disesuaikan dengan standar Bulog. Kita nanti juga akan berkoordinasi dengan Pusat Perdagangan Indonesia (PPI)," katanya.

(KR-HRI)