BI DIY siapkan Rp7,7 triliun untuk Lebaran

id BI

BI DIY siapkan Rp7,7 triliun untuk Lebaran

Bank Indonesia (antaranews.com)

Yogyakarta (Antara) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan uang Rp7,7 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah ini selama Ramadan hingga Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Persediaan itu untuk Mei dan Juni 2017. Naik 13 persen dibanding estimasi Ramadan dan Lebaran 2016," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (Kpw BI DIY) Budi Hananto di Yogyakarta, Selasa.

Pada Ramadan dan Lebaran 2016 BI DIY menyediakan uang kartal mencapai Rp5 triliun. Peningkatan stok uang tahun ini, menurut Budi, untuk merespon aktivitas perekonomian di DIY yang diperkirakan akan terus meningkat. Tren peningkatan itu, menurut dia, tercermin dari produk domestik regional bruto (PDRB) DIY triwulan I mencapai 5,12 persen di atas angka nasional yang masih 5,05 persen.

"Untuk berjaga-jaga persediaan perbankan karena selain bersamaan libur panjang sekolah, aktivitas mudik Lebaran di Yogyakarta biasanya memang cukup tinggi," kata dia.

Sementara itu, lanjut dia, untuk melayani kebutuhan penukaran uang baru masyarakat, mulai BI DIY telah menyediakan kas keliling yang akan mulai beroperasi ke pusat-pusat kegiatan masyatakat mulai 29 Mei hingga mendekati Lebaran di lima kabupaten/kota. Selain kas keliling, penukaran uang baru juga bisa dilakukan di bank-bank di DIY. "Sekali beroperasi setiap kas keliling kami bekali uang Rp380 juta," kata dia.

Menurut dia, pecahan uang baru yang disediakan oleh masing-masing kas keliling Ramadan dan Idul Fitri mulai Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp5.000, Rp2.000 dan Rp1.000. Khusus untuk pecahan Rp20.000 ke bawah seluruhnya berupa uang baru tahun emisi 2016. "Kami sarankan bagi masyarakat yang ingin menukarkan pecahan uang baru agar langsung mendatangi pelayanan penukaran yang dibuka oleh BI, sebab tidak dipungut biaya serta terjamin keasliannya," kata Budi.

(L007)