Pelaku wisata didorong terapkan aspek pengelolaan wisata

id wisata

Pelaku wisata didorong terapkan aspek pengelolaan wisata

Daerah Istimewa Yogyakarta (Foto Istimewa)

Kulon Progo (Antara) - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta mendorong pelaku usaha wisata menerapkan delapan aspek pengelolaan wisata.

Kepala Dispar DIY Aris Riyanto di Kulon Progo, Selasa, mengatakan delapan aspek meliputi cara pengelolaan desa wisata tanpa investor, pengembangan desa wisata agar tetap eksis, seberapa besar kontribusi yang diberikan untuk masyarakat, interaksi masyarakat sekitar desa wisata, keterampilan pemandu wisata, kualitas makanan dan minuman.

Aspek lain yakni kualitas homestay serta danya biro perjalanan wisata yang mencakup wisata tersebut.

"Selama ini, banyak dari pengelola yang mengabaikan aspek-aspek tersebut," kata Aris dalam pengumuman hasil kejuaran lomba desa dan kampung wisata tingkat DIY.

Lomba desa dan kampung wisata diikuti 15 desa dan kampung wisata yang dinilai oleh tim penilai dari Dispar DIY dan Persatuan Hotel dan Restorasi Indonesia (PHRI).

Ia mengatakan bahwa dalam lomba kali ini, setiap kabupaten/kota mewakilkan tiga desa dan kampung wisata untuk diikutsertakan.

Ia mengatakan kriteria penilainnya ada delapan aspek yang jadi penilaian juri. Pengelolaan desa wisata yang telah memenuhi kelapan aspek tersebut pasti akan menguntungkan bagi para pengelola dan masyarakat.

"Pada lomba kali ini, enam desa dan kampung wisata terbaik akan diikutsertakan pada lomba dan kampung wisata tingjat nasional mewakili DIY," katanya.

Hasil perlombaan tersebut yaitu juara I desa wisata Kaki Langit, Mangunan, Bantul, dengan nilai 720. Posisi kedua desa wisata Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Kulon Progo, dengan nilai 724. Sedangkan desa wisata Pancoh, Turi, Sleman, menempati posisi ketiga dengan nilai 688.

Posisi harapan 1 ditempati kampung wisata Pandean, Umbulharjo, Yogyakarta. Juara harapan 2 yakni desa wisata Bleberan, Playen, Gunung Kidul. Sedangkan Desa Wisata Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo meraih juara harapan 3.

(KR-STR)