Kepala daerah Yogyakarta tanam sawo kecik

id Haryadi suyuti

Kepala daerah Yogyakarta tanam sawo kecik

Walikota Yogyakarta patuhi surat edaran mendagri (foto: blog walikota jogja)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Kepala Daerah Kota Yogyakarta yang baru saja dilantik, mengawali hari pertama bekerja di Pemerintah Kota Yogyakarta dengan menanam pohon sawo kecik di halaman depan Balai Kota Yogyakarta.

"Sawo kecik ini memiliki filosofi sebagai simbol kebaikan. Oleh karena itu pada hari pertama kerja ini diawali dengan menanam sawo kecik atau menanam kebaikan," kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti di Yogyakarta, Selasa.

Seiring dengan pertumbuhan pohon sawo kecik, Haryadi pun memiliki harapan yang sama terhadap Kota Yogyakarta agar segala sesuatu yang tumbuh di Yogyakarta adalah sebuah kebaikan.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan bahwa penanaman pohon sawo kecik tersebut dilakukan untuk memenuhi janji kepada konstituen pada saat masa kampanye.

Ia menyebutkan dua bibit sawo kecik yang ditanam di halaman Balai Kota Yogyakarta itu sepenuhnya berasal dari masyarakat. "Ada dua tokoh masyarakat yang menyerahkan bibit ini ke kami. Dulu kami berjanji akan segera menanamnya jika terpilih sebagai kepala daerah," kata Heroe.

Ia juga setuju dengan pernyataan Haryadi yang mengatakan bahwa sawo kecik memiliki makna filosofi yang sangat dalam bagi masyarakat Jawa. "Menanam swao kecik ini diibaratkan menanam kebaikan. Tentunya harus dilandasi dengan kepercayaan kepada Tuhan," katanya.

Oleh karena itu, lanjut dia, seluruh niat yang harus dimiliki pada saat bekerja sebagai kepala daerah harus dilandasi oleh semangat untuk terus menanam kebaikan.

"Mudah-mudaha keberadaan pohon sawo kecik ini semakin menginspirasi kami dan seluruh masyarakat Yogyakarta untuk terus menanamkan kebaikan," katanya.

Ia pun berjanji untuk bersikap terbuka terhadap semua masukan dari masyarakat dalam membangun Kota Yogyakarta.

"Sudah ada yang memberikan masukan untuk penataan kota. Dalam waktu dekat ini, kami juga akan segera melakukan koordinasi dengan seluruh organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta," katanya.***3***

(E013)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024