Sultan tuangkan "Tirta Budi" Di Blue Lagoon

id Sultan tuangkan Tirta Budi Di Blue Lagoon

Sultan tuangkan "Tirta Budi" Di Blue Lagoon

Sri Sultan HB X (Foto antaranews.com) (antaranews.com)

Sleman, (Antara Jogja) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X melakukan penuangan air "Tirta Budi" ke dalam sendang pada upacara adat merti sendang "Blue Lagoon" di Dusun Dalem, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Senin.

Dalam upacara adat yang dihadiri ratusan warga setempat dan wisatawan tersebut, Sri Sultan berharap keberadaan objek wisata "Blue Lagoon" ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di wilayah tersebut.

"Masyarakat harus diikutsertakan dalam mengembangkan objek tersebut. Pemerintah Provinsi DIY maupun Kabupaten Sleman sangat mendukung program Desa Wisata di tempat tersebut. Namun warga desa itu yang harus aktif mengelola dan mengembangkan potensi desanya, karena mereka yang tahu potensi desanya," katanya.

Raja Yogyakarta tersebut memberi kesempatan selama satu bulan kepada pengelola objek wisata Blue Lagoon untuk berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata DIY terkait identifikasi hal-hal yang akan dikembangkan di obyek wisata tersebut.

"Kalau bisa satu bulan, setelah itu saya akan kembali ke sini," kata Sultan yang disambut tepuk tangan yang hadir.

Ketua Panitia Upacara Adat Sendang Blue Lagoon, Suhadi, mengatakan acara adat merti sumber Blue Lagoon tersebut diadakan setiap 25 Ruwah (kalender Jawa), sekaligus untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

"Sebelum diadakan acara adat merti sumber, terlebih dahulu digelar acara festival seni dan budaya selama dua minggu," katanya.

(U.V001)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024