Bantuan untuk 20 e-Warong segera dicairkan

id E-warong

Bantuan untuk 20 e-Warong segera dicairkan

Ilustrasi (Foto ANTARA/Mamiek)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Dana bantuan untuk 20 elektronik warung gotong royong (e-Warong) di Kota Yogyakarta segera dicairkan sehingga warung tersebut dapat segera dioperasionalkan untuk mendukung distribusi bantuan pangan non-tunai.

"Harapannya, dana bantuan untuk modal ini sudah bisa ditransfer April. Proposal sudah lengkap dan sudah kami sampaikan ke pusat," kata Kepala Bidang Advokasi dan Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kota Yogyakarta Tri Maryatun di Yogyakarta, Kamis.

Setiap elektronik warung gotong royong (e-warong) akan menerima total bantuan sebesar Rp30 juta yang terdiri dari Rp20 juta untuk kebutuhan modal perbaikan warung dan memenuhi kebutuhan barang untuk menjadi agen penyalur bantuan pangan non tunai. Sisanya, Rp10 juta merupakan bantuan dasar untuk kelompok usaha bersama (kube).

E-warong yang akan menjadi agen penyalur bantuan pangan non-tunai dikelola sepenuhnya oleh penerima bantuan yang juga menjadi penerima bantuan program keluarga harapan (PKH).

Dari 17.634 keluarga penerima manfaat untuk bantuan pangan non tunai, terdapat sekitar 3.000 penerima yang juga menjadi penerima bantuan program keluarga harapan.

Sebelumnya, Kota Yogyaarta hanya akan membuka 15 e-warong namun kemudian ditambah manjadi 20 e-warong menyesuaikan kuota dan jumlah penerima bantuan pangan non tunai.

Setiap e-warong diproyeksikan mampu memberikan pelayanan kepada 500 hingga 1.000 penerima bantuan pangan non tunai. "Ini juga akan memudahkan penerima untuk mengakses bantuan sehingga tidak terlalu jauh dari tempat tinggal mereka," katanya.

Hingga saat ini, proses distribusi kartu untuk mencairkan bantuan pangan non tunai terus dilakukan. Kartu dari BNI tersebut sudah akan terisi dana bantuan Rp110.000 per bulan yang bisa digunakan untuk mencairkan beras dan gula pasir.

Pada awal tahun, kartu akan langsung terisi bantuan untuk dua bulan yaitu Januari dan Februari. Setiap kartu akan dilengkapi dengan PIN. Setiap kali pencairan bantuan, kartu wajib dibawa.
Selain di e-warong, bantuan pangan non tunai juga dapat dicairkan di Rumah Pangan Kita, atau di mitra BNI. ***4***

(E013)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024