Bupati Kulon Progo tebar benih ikan nila

id ikan nila

Kulon Progo (Antara Jogja) - Penjabat Bupati Kulon Progo Budi Antono bersama jajarannya menebar benih ikan nila di kolam air mancur yang berada di kompleks kantor pemerintahan daerah setempat.

"Tebar ikan ini dalam rangka mendukung peningkatan produksi ikan dan pemberantasan sarang nyamuk," kata Budi Antono di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis.

Selain menambah keindahan karena di kolam air mancur ada ikan, benih ikan yang ditabur sengaja memilih ikan nila karena ikan nila dapat memakan jentik-jentik nyamuk dan?memakan lumut kolam. Ikan yang sudah berkembang biak juga dapat dikonsumsi.

"Kami menabur 7 kilogram benih ikan nila," katanya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sudarna mengatakan bahwa penaburan benih ikan ini jadi salah satu upaya untuk meningkatkan produksi ikan.

Dinas mendorong peningkatan produksi, baik perorangan maupun di instansi.

Menyangkut upaya untuk melestarikan sumber daya perikanan, dia mengatakan bahwa pada tahun 2017 DKP melakukan restoking sekitar 800.000 ekor yang akan ditebar.

Sekitar Rp210 ribu dari APBD kabupaten, kemudian selebihnya sekitar?Rp650 ribu dari alokasi DKP DIY. Anggaran untuk lokasinya sudah ditentukan tersebar di 12 kecamatan, terutama di badan-badan sungai, kemudian embung atau waduk.

"Selama?ini kami tambah terus, kami restoking seperti di Waduk Sermo salah satunya," kata Sudarno.

Di kolam-kolam yang tujuannya untuk produksi, dari waktu ke waktu?dari tahun ke tahun ada fasilitasi dari pemerintah. Pada tahun ini, tidak kurang senilai Rp3,5 miliar yang sifatnya paket fasilitasi untuk warga.

"Dengan catatan pengembangan perikanan harus tersentral dan tidak tersebar agar dapat dikelola dengan efektif," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa sistem pengelolaan satu pintu sehingga tercapai skala usaha. Dengan demikian, tingkat efisiensi dan efektif usaha bisa dicapai.

"Antara produksi dan hasilnya makin meningkat selisih hasilnya karena ada efisiensi," katanya.

KR-STR