Haedar apresiasi prestasi pendidikan SMK Muhammadiyah Imogiri

id muhammadiyah

Haedar apresiasi prestasi pendidikan SMK Muhammadiyah Imogiri

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir saat peresmian gedung baru SMK Muhammadiyah I Imogiri Bantul (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (Antara Jogja) - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengapresiasi prestasi pendidikan yang diraih Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Imogiri Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Bagi kita apa yang dilakukan SMK Muhammadiyah 1 Imogiri menjadi sebuah prestasi yang membanggakan," kata Haedar saat memberikan pengarahan pada Peresmian Gedung Baru SMK Muhammadiyah 1 Imogiri di Bantul, Rabu.

SMK Muhammadiyah 1 Imogiri Bantul mempunyai prestasi karena siswanya telah berinovasi dengan mengembangkan mobil formula bertenaga hibrid yang diluncurkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beberapa waktu lalu.

Karena prestasi itu pula, SMK Muhammadiyah 1 Imogiri Bantul menjadi sekolah rujukan nasional sehingga prestasi tersebut menjadi ikon membanggakan anak didik sekolah ini.

"Bahkan yang semula Imogiri kurang dikenal, namun kini menjadi sebuah ikon anak siswa di sini dan setelah berprestasi Imogiri menjadi ikon yang membanggakan," katanya.

Namun demikian, kata Haedar Nashir, untuk menjadikan SMK Muhammadiyah 1 Imogiri menjadi sekolah yang seperti sekarang ini butuhkan proses, dan menurutnya tidak ada kisah sukses itu tanpa proses perjalanan yang penuh dengan pergumulan.

"Tidak ada keberhasilan itu instan dan SMK Muhammadiyah 1 Imogiri telah memberikan penanda buat kita bahwa bangsa kita ini itu punya kemampuan untuk masuk pada fase kemajuan zaman," katanya.

Haedar juga menyinggung sejumlah SMK Muhammadiyah yang menjadi sekolah rujukan nasional, di antaranya SMK Muhammadiyah di Kuningan Jawa Barat dan SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo karena ada berbagai inovasi yang dihasilkan.

"Ini sebuah contoh bahwa apa yang dilakukan Muhammadiyah itu memang ingin sesuatu terbaik untuk umat dan bangsa dan itulah yang kita sebut sebagai Muhammadiyah berkemajuan," katanya.

Haedar mengatakan sebagai orang yang diberi amanat untuk memimpin Muhammadiyah selama periode ini akan membangun pusat-pusat keunggulan Muhammdiyah di bidang pendidikan, kesehatan dan layanan sosial.

"Bahkan kita masuk pada fase ingin membangun pusat keunggulan ekonomi dan tentu saja pusat-pusat keunggulan dakwah Muhammadiyah, sehingga ketika ada usaha seperti ini saya akan memberi dukungan," katanya.
KR-HRI