Yogyakarta siapkan evaluasi jalur sepeda

id sepeda

Yogyakarta siapkan evaluasi jalur sepeda

ilustrasi (Foto ANTARA/Noveradika)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta menyiapkan evaluasi secara menyeluruh mengenai keberadaan jalur sepeda yang sudah tersedia di sejumlah ruas jalan tertentu di Kota Yogyakarta.

"Evaluasi awal sudah kami lakukan dan akan ditindaklanjuti dengan evaluasi secara menyeluruh, khususnya mengenai efektivitas keberadaan jalur sepeda," kata Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Windarto di Yogyakarta, Rabu.

Menurut Windarto, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta tidak asal membuat jalur sepeda, namun harus melalui sejumlah pertimbangan agar jalur sepeda berada di lokasi yang layak. Pertimbangan tersebut di antaranya, lebar jalan lebih dari delapan meter dan tidak ada aktivitas ekonomi lama yang ada di sepanjang ruas jalan tersebut.

Windarto mengatakan, aktivitas ekonomi berpotensi meningkatkan volume kendaraan yang akan menggunakan ruas jalan tersebut sebagai lokasi parkir terlebih jika usaha atau toko tidak memiliki lahan parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan.

"Selama ini, kendaraan yang parkir di tepi jalan menjadi salah satu kendala yang kerap dikeluhkan pengguna sepeda saat melintasi jalur sepeda. Jalur mereka terhalang mobil atau kendaraan yang parkir," katanya.

Selama ini, jalur sepeda dibuat dengan memberikan marka kuning selebar sekitar satu meter dari tepi jalan dan dilengkapi dengan gambar sepeda di sejumlah titik.

"Jika mendasarkan pada ruas jalan yang layak diberikan fasilitas jalur sepeda, maka sudah mencapai 85 persen," katanya.

Namun demikian, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta tidak akan menambah jalur sepeda pada tahun ini tetapi hanya akan melakukan pemeliharaan dengan mengecat ulang marka jalur sepeda.

"Untuk Kota Yogyakarta dengan volume kendaraan yang cukup padat perlu dilakukan pemeliharaan marka jalan paling tidak dua tahun sekali harus dilakukan pengecatan ulang," katanya.

Selain jalur sepeda, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta juga sudah memasang papan petunjuk arah untuk jalur alternatif yang bisa digunakan oleh pesepeda.

E013
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024