Gunung Kidul segera selesaikan penyaluran komputer SMP

id penyaluran komputer SMP

Gunung Kidul segera selesaikan penyaluran komputer SMP

Ilustrasi (ANTARA FOTO/Lucky R./aww/16.)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, segera menyelesaikan penyaluran komputer untuk sekolah yang melaksanakan ujian nasional berbasis komputer tingkat sekolah menengah pertama.

Sekretaris Disdikpora Gunung Kidul Bahron Rosyid di Gunung Kidul, Senin, mengatakan persiapan UNBK sudah dilakukan sejak setahun terakhir, mulai pendataan hingga persiapan sarana dan prasarananya.

"Komputer sudah tersedia dan sudah didistribusikan kepada sekolah yang ada, persiapan sudah 90 persen," kata Bahron.

Ia mengatakan memang ada satu sekolah di Kecamatan Saptosari yang belum siap, dan saat ini tengah dilakukan persiapan. Namun demikian, dirinya yakin semua sekolah akan siap ujian pada 2 Mei hingga 8 Mei 2017. "Kami yakin semua sekolah siap melaksanakan UNBK," katanya.

Bahron mengatakan tahun ini seluruh SMP di Gunung Kidul akan melaksanakan UNBK, sehingga persiapan lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang hanya dilaksanakan di 4 sekolah. Adapun persiapan mulai koordinasi dengan PLN hingga persiapan internet.

"Sekolah-sekolah juga sudah melakukan latihan UNBK secara mandiri," katanya.

Ia mengatakan pihaknya masih menunggu jadwal simulasi dari pusat. Untuk SMP, tahun ini ada 9.960 siswa yang ikut UNBK.

"Simulasi dilakukan untuk empat mata pelajaran?yakni Bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris, dan IPA. Mirip ujian sesungguhnya," katanya.

Diharapkan dengan persiapan mulai dari tryout bisa memaksimalkan potensi yang ada. "Pihak sekolah juga menyiapkan simulasi UNBK agar para siswa terbiasa mengerjakan soal dengan komputer," katanya.



(KR-STR)