PDAM: pasokan ke hotel tidak pengaruhi pelanggan

id pdam

PDAM: pasokan ke hotel tidak pengaruhi pelanggan

PDAM (Foto Istimewa)

Sleman (Antara Jogja) - Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menjamin pasokan air bersih ke hotel-hotel tidak akan mempengaruhi pasokan untuk kebutuhan masyarakat pelanggan perumahan.

"Kewajiban seluruh hotel menggunakan air bersih PDAM tidak akan menganggu pasokan ke masyarakat pelanggan, setidaknya hingga 2018," kata Direktur PDAM Sleman Dwi Nurwata, Senin.

Menurut dia, saat ini pasokan air PDAM Sleman mencapai hingga 60 liter per detik, sehingga mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hotel maupun masyarakat pelanggan.

"Selain dari pasokan sumber air alami, saat ini kami juga sedang menguasahakan untuk membangun sumur dalam sebagai sumber pasokan air bersih. Untuk suplai tahun ini? bahkan hingga 2018 tidak ada masalah," katanya.

Ia mengatakan, keberadaan sumur dalam sebagai sumber air dipergunakan untuk memasok kebutuhan air di wilayah tengah dan timur.

"Keberadaan sumber air tersebut untuk memperkuat pasokan air, mensiasati kontur tanah dan jarak antara pelanggan dengan sumber air," katanya.

Dwi mengatakan, dengan debit yang dimiliki PDAM Sleman sudah bisa memenuhi kebutuhan masyarakat pelanggan dengan kebutuhan besar seperti perhotelan. Bahkan pipa jaringan yang dimiliki telah sangat siap untuk memberikan pasokan kepada hotel-hotel besar yang ada di wilayah Sleman.

"Hal tersebut mengikuti aturan bahwa untuk perhotelan harus memanfaatkan air dari PDAM untuk memenuhi kebutuhan air bersih mereka," katanya.

Ia mengatakan, kebijakan tersebut untuk mengurangi aktivitas eksplorasi air tanah yang bisa berakibat pada turunnya permukaan tanah.

"Jaringan PDAM Sleman sudah siap mensuplai kesediaan air untuk hotel," katanya.

Direktur Sales Marketing Royal Ambarukmo Hotel Mayadewi mengatakan sebagai salah satu hotel di Sleman pihaknya juga mempergunakan pasokan air dari PDAM Sleman.

"Hal ini mempertimbangkan, kestabilan pasokan air yang saat ini secara swadaya dimiliki dari dua sumur dalam yang usianya sudah cukup lama," katanya.

Menurut dia, dua sumber pasokan air yang dimiliki tersebut sudah bisa memenuhi standar ketentuan untuk pemenuhan kebutuhan tamu.

"Memang digabung penggunaan air tanah dan sumur. Selama ini penyediaan air bersih masih aman untuk tamu dan tidak mengganggu lingkungan sekitar," katanya.
V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024