UNY peringkat dua "Bridge Design Competition" Singapura

id UNY

UNY peringkat dua "Bridge Design Competition" Singapura

UNY (Foto Istimewa)

Jogja (Antara) - Tim Bimasena dari Divisi Rancang Bangun Unit Kegiatan Mahasiswa Rekayasa Teknologi Universitas Negeri Yogyakarta menduduki peringkat dua untuk kategori jembatan favorit pada "Bridge Design Competition 2017" di Nanyang Technological University, Singapura.

"Tim Bimasena menduduki peringkat dua untuk kategori jembatan favorit karena mendapatkan `like` facebook paling banyak dan universitas terbaik," kata Koordinator Tim Bimasena Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sahril Affandi di Yogyakarta, Minggu.

Selain itu, menurut dia, Tim Bimasena juga meraih juara harapan tiga untuk kategori desain jembatan dalam kompetisi internasional yang diikuti 26 perguruan tinggi dari Indonesia, Malaysia, dan Singapura tersebut.

"Hasil yang diperoleh itu cukup memuaskan karena untuk pertama kalinya tim Divisi Rancang Bangun UNY mengikuti kompetisi tingkat internasional setelah beberapa kali menjadi juara di tingkat nasional," katanya.

Ia mengatakan, dalam ajang "Bridge Design Competition 2017" itu peserta diminta mendesain jembatan mini yang dapat mengimplementasikan struktur dan kekuatan jembatan sesungguhnya. Peserta diminta membuat langsung jembatan di lokasi lomba dengan bahan kayu balsa, benang nilon, dan lem perekat.

"Meskipun persiapan yang kami lakukan hanya 10 hari, namun tim kami dapat merakit berbagai model jembatan dan memilih model dengan kekuatan terbaik dengan cara uji kekuatan pada setiap model jembatan," katanya.

Menurut dia, "Bridge Design Competition 2017" adalah sebuah ajang kompetisi tahunan yang mengadu kreativitas mahasiswa universitas dan politeknik se-ASEAN untuk merancang sebuah jembatan kayu balsa yang kokoh dan ringan dengan durasi pengerjaan 5,5 jam.

"Presentase penilaian terbesar dilihat dari kekuatan jembatan yaitu besarnya perbandingan antara berat jembatan dan beban yang dapat ditahan. Penilaian lainnya meliputi presentasi, aspek estetika, dan aspek ekonomis," kata Sahril.

Dalam "Bridge Design Competition 2017" itu Tim Bimasena dengan anggota Ermalia Nur Hidayah dibimbing dosen Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik UNY Darmono dan Faqih Ma`arif.

(B015)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024