Google: keberadaan "online" efektif bantu kembangkan UKM

id Google: keberadaan online efektif bantu kembangkan UKM

Google: keberadaan "online" efektif bantu kembangkan UKM

Head of Corporate Communications Google Indonesia Jason Tedjasukmana bersama Head of SMB Marketing Google Indonesia Fida Heyder memebrikan penjelasan mengenai Google Bisnisku. (Foto istimewa)

Yogyakarta,(Antara Jogja) - Keberadaan "online" efektif untuk membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah, kata Head of Corporate Communications Google Indonesia Jason Tedjasukmana.

"Banyak fasilitas yang telah tersedia untuk membantu para pelaku bisnis mengembangkan usahanya secara `online`," katanya di sela kunjungan usaha kecil dan menengah (UKM) di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, hal itu termasuk Google yang menawarkan berbagai fitur yang dapat digunakan oleh para pelaku usaha tersebut seperti AdWords Express dan Google Bisnisku.

Google memahami betapa pentingnya UKM bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia sehingga ingin membantu mereka untuk menemukan pasar dan pelanggan baru.

"Mulai dari Google Bisnisku hingga AdWords Express dan Maps, kami menciptakan `platform` sederhana tetapi tangguh, yang dapat membantu bisnis tradisional dalam segala ukuran termasuk petani untuk sukses di era digital ini," kata Jason.

Head of SMB Marketing Google Indonesia Fida Heyder mengatakan di kota Yogyakarta, seorang pebisnis perempuan berhasil membangun sebuah bisnis pakaian Fitinline yang sukses berkreasi di banyak lini secara "online".

Menurut dia, cerita sukses lain datang dari sebuah bisnis tas modular asli Yogyakarta NOKN Bag yang menjadi favorit warga bahkan mencuri perhatian turis dengan bahan dan model unik.

"Kedua usaha tersebut telah masuk ke dunia digital dan merasakan manfaat dalam perkembangan bisnisnya. Google menawarkan berbagai fitur pendukung bisnis seperti Google Bisnisku dan AdWords," kata Fida.

Pemilik Fitinline Isofani Api Diany mengatakan keikutsertaannya di Google Bisnisku serta memaksimalkan fungsi Google Maps, Google Advanced Search, Google WebMaster Tools, dan Google Analytics sangat membantu dalam pengembangan bisnis sandangnya.

Pada awalnya, menurut dia, Fitinline yang mengusung konsep "one stop clothing platform" dibuat khusus di kanal "online" yang lebih banyak fokus pada pelatihan menjahit.

Namun, seiring berjalannya waktu Fitinline kemudian lebih fokus pada pengembangan bisnis kamar dagang "online" sandang sesuai dengan kebutuhan pasar.

"Saya berharap dalam waktu dekat Fitinline dapat menjadi bisnis yang berkelanjutan dan terus dapat berdiri di kakinya sendiri tanpa harus mengandalkan suntikan dana para investor," kata Isofani.

Pemilik NOKN Bag Wira Adiyaksa mengatakan teknologi merupakan solusi untuk mengatasi berbagai tantangan bisnis. Sistem informasi yang dibangun sangat efisien sehingga hanya membutuhkan satu orang untuk melayani pengiriman dan pengaturan stok di gudang.

Bersamaan dengan hal itu, kata dia, semua data penjualan juga dapat direkam untuk dikombinasikan dengan data dari Google Analytics dan catatan yang dibuat dengan menggunakan Google Sheets.

"NOKN Bag ikut serta di Google My Business agar lokasinya dapat lebih mudah dicari di Google Maps. Selain itu informasi tentang NOKN juga dapat terlihat lebih keren di Google Search," kata Wira.


(U.B015)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024