UII wakili Indonesia dalam debat di Qatar

id UII wakili Indonesia dalam debat di Qatar

UII wakili Indonesia dalam debat di Qatar

logo UII (istimewa)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Tim mahasiswa Universitas Islam Indonesia Yogyakarta ditunjuk menjadi wakil Indonesia dalam "4th International Universities Arabic Debating Championship (IUADC) 2017" di Doha, Qatar, pada 7-12 April.

"Penunjukan itu atas dasar tim Universitas Islam Indonesia (UII) telah berhasil menjuarai `event` debat bahasa Arab yang digelar di tingkat nasional maupun regional," kata pelatih debat bahasa Arab UII Samsul Zakaria di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, 4th IUADC 2017 yang diselenggarakan Qatar Debate merupakan "event" dwi tahunan yang selalu bertambah pesertanya dari waktu ke waktu. Indonesia baru kali pertama mengikuti kompetisi tersebut yang diawali dengan partisipasi dari UII.

"Sejak awal kami berupaya membangun reputasi dengan rajin mengikuti berbagai kompetisi debat bahasa Arab mulai dari tingkat nasional hingga ASEAN. Tim UII hampir tidak pernah absen memborong gelar juara I sampai III di berbagai `event` itu," katanya.

Hal itu, kata dia, sering membuat heran peserta lain karena UII tidak memiliki Program Studi Sastra Arab atau Pendidikan Bahasa Arab.

Ia mengatakan dalam lomba debat bahasa Arab di Qatar itu tim UII akan bertanding dengan sekitar 90 tim dari seluruh dunia.

Para peserta tidak hanya berasal dari etnis Arab, tetapi juga dari berbagai bangsa yang datang dari Eropa, Amerika Utara, Afrika, dan Asia Tengah.

"Dalam `event` tersebut Qatar Debate (cq. Qatar Foundation) membiayai seluruh kebutuhan peserta dan pelatih mulai visa, tiket pulang pergi hingga akomodasi selama di Qatar," katanya.

Sebelum lomba, menurut dia, Qatar Debate mengadakan daurah atau pelatihan bagi para pelatih debat dari masing-masing universitas yang akan berlaga. Pelatihan itu telah dilaksanakan di Qatar pada 15-19 Januari 2017.

Daurah yang diikuti 50 pelatih debat dari 37 negara tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang aturan lomba tersebut.

"Kami dilatih dengan serius tentang model Qatar Debate, tips dan trik berdebat yang baik, dan beragam `skill` tentang debat," kata Samsul.

(U.B015)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024