Investor pasar modal DIY capai 22.291 Orang

id pasar modal

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Kantor Perwakika Bursa Efek Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatat jumlah investor pasar modal di daerah itu hingga Desember 2016 mencapai 22.291 orang, atau meningkat signifikan dibanding 2015 sebanyak 14.952 investor.

"Dilihat dari pertumbuhan investor, kami cukup senang artinya semakin banyak masyarakat DIY yang melek investasi khususnya investasi di pasar modal," kata Kepala Kantor Perwakika Bursa Efek Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta, Irfan Noor Riza di Yogyakarta, Rabu.

Dengan jumlah investor yang terus meningkat, menurut dia, dari sisi transaksi juga menunjukkan angka yang menggembirakan dengan rata-rata Rp269 miliar per bulan. Tren itu meningkat dibandingkan 2015 yang rata-rata mencapai Rp245 miliar per bulan.

Pertumbuhan investasi di DIY, kata dia, juga didorong dengan efektifnya pembentukan Galeri Investasi BEI (GI BEI) di kampus. Hingga 2016 GI BEI terbentuk di 27 kampus di DIY dengan didukung 17 perusahaan sekuritas.

"GI BEI tidak hanya sosialisasi di kampus saja, tapi juga kami terapkan GI BEI Mobile, yaitu sosialisasi dan edukasi ke luar ke kantong-kantong kelompok masyarakat dan komunitas," kata dia.

Irfan optimistis pada 2017 pasar modal DIY akan semakin bertumbuh dan semakin banyak lagi masyarakat DIY yang melek investasi khususnya di pasar modal. "Semangat kami dengan semakin banyak masyarakat yang melek investasi harapannya angka korban investasi bodong bisa diminimalisasi," kata dia.

Peningkatan jumlah investor itu, menurut Irfan, mengindikasikan keberhasilan program edukasi dan sosialisasi BEI DIY kepada masyarakat mengenai manfaat berinvestasi di pasar modal. Hal itu juga didukung dengan tersedianya program pembukaan rekening efek saham yang sangat terjangkau bagi masyarakat dengan biaya mulai Rp100 ribu.

"Beberapa sekuritas di DIY memang sudah menerapkan pembukaan rekening efek dengan biaya terjangkau, khususnya sekuritas yang bekerja sama dengan galeri investasi BEI di kampus-kampus di DIY," kata dia. ***3***

(L007)