Pariwisata Gunung Kidul diharapkan tingkatkan ekonomi masyarakat

id Gunung Api Purba

Pariwisata Gunung Kidul diharapkan tingkatkan ekonomi masyarakat

Ketua Wantimpres mengunjungi Gunung Api Purba Nglanggeran Kabupaten Gunung Kidul, DIY. (Dok istimewa)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Sri Adiningsih mengharapkan pariwisata di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, terus digiatkan dengan berbasis masyarakat agar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Pemerintah ada kebijakan mengembangkan wisata berbasis masyarakat," kata Sri saat mengunjungi objek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran di Gunung Kidul, Jumat.

Sri mengambil contoh pengembangan pariwisata di Gunung Kidul yang saat ini sudah berkembang dengan baik. Sebelumnya, Gunung Kidul menyandang stigma negatif sebagai daerah gersang, tandus, dan miskin.

"Sekarang ada Gunung Api Purba Nglanggeran, Gua Pindul, Sri Getuk, dan destinasi wisata menarik yang lain sehingga mampu menggerakan ekonomi masyarakat," kata dia.

Ia mengapresiasi Pemkab Gunung Kidul melibatkan masyarakat, kemudian mendapat sambutan hangat dari kalangan muda yang kreatif untuk mengembangkan wilayah sebagai tujuan wisata. Bahkan, wisatawan yang datang tidak hanya darui turis lokal namun juga dari turis asing.

"Potensi yang ada, ke depan bisa terus dikembangkan," katanya.

Ia menyampaikan peran serta masyarakat dalam pengembangan pariwisata diharapkan bisa meningkatkan perekonomian. Memang diakuinya, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. Terlebih sekarang sudah banyak sekali Corporate Social Responsibility (CSR) yang masuk. Dengan dana yang digulirkan dari CSR mampu mematik perekonomian.

"Efek dominonya adalah pariwisata lain bisa ikut berkembang," kata dia.
Menurut dia, pengembangan ekonomo kreatif dan memanfaatkan potensi yang ada, pihaknya berharap bisa menciptakan lapangan pekerjaan yang baru. Tidak hanya menjual destinasi saja, namun hendaknya juga didukung dengan paket wisata yang lain.

"Misalnya, paket memandikan kerbau, paket mencabut buah singkong dan lain, padahal itu tidak terbayangkan sebelumnya," katanya.

Bupati Gunung Kidul Badingah mengatakan destinasi yang beragam diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Pemkab terus berupaya dalam membantu mengembangkan dengan infrastruktur. Diharapkan peran aktif masyarakat mendukung program pemerintah dalam mewujudkan daerah tujuan wisata terkemuka dan berbudaya menuju masyarakat yang berdaya saing, maju, mandiri, dan sejahtera dapat terwujud.

"Kita terus berupaya menyejahterakan masyarakat," katanya.


(U.KR-STR)