Jonan wacanakan penyaluran kerja lulusan STEM

id Sekolah Tinggi Energi Mineral Akademik Minyak dan Gas Bumi (Stem Akamigas)

Jonan wacanakan penyaluran kerja lulusan STEM

Ilustrasi (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/pd/16)

Cepu, Jawa Tengah (Antara) - Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mewacanakan penyaluran lulusan Sekolah Tinggi Energi Mineral Akademik Minyak dan Gas Bumi (Stem Akamigas) bekerja di Wilayah Kerja (WK) Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS).

"Nanti saya surati SKK Migas, agar menyalurkan lulusan dari Stem Akamigas kepada KKKS," kata Jonan ketika mengisi seminar di Stem Akamigas, Cepu, Jawa Tengah.

Namun, ia juga memberikan syarat bahwa lulusan yang terbaik yang akan ditempatkan di Wilayah Kerja KKKS, tidak semua lulusan.

"IPK harus di atas 3, baru bisa ditempatkan, kalau tidak ya mungkin cocok jadi pengusaha saja," kata Jonan.

Dalam seminar tersebut, ia juga sempat mengajak salah satu mahasiswa untuk naik ke atas panggung agar dapat tanya jawab secara langsung.

Di atas panggung tersebut Jonan bertanya kepada mahasiswa Stem Akamigas, "Berapa biaya sekolah di sekolah ini?," katanya. Mahasiswa yang bernama Jalal tersebut menjawab biaya per semester sebesar Rp25.500.000.

"Murah tidak segitu?," tanya Jonan. Kemudian Jalal menjawab," Murah Pak, namun relatif, karena itu juga sudah biaya makan dan asrama, serta manfaat yang didapat juga banyak," kata Jalal.

Jonan nampak terkejut dengan jawaban mahasiswa tersebut ketika menjawab murah. Namun, melihat fasilitas yang dimiliki serta jurusan yang spesifik, Jonan meng-iyakan bahwa nominal tersebut termasuk murah.

"Untung jawabnya murah, Kepala Sekolahnya pasti lega ini," komentar Jonan yang diikuti tawa seluruh peserta seminar. ***1***(A072)