DIY diminta tindak tegas penambangan ilegal

id eko suwanto

DIY diminta tindak tegas penambangan ilegal

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIY, Eko Suwanto. (foto Mamiek/Antara)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Fraksi PDI Perjuangan DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta meminta pemerintah setempat menindak tegas penambangan ilegal yang berdampak pada masalah lingkungan hidup dan sosial.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DIY Eko Suwanto di Yogyakarta, Kamis, mengatakan ada bencana yang terjadi akibat ulah sekelompok kecil manusia yang mengeksploitasi lingkungan dengan cara-cara ilegal, seperti penambangan liar, tambak udang liar di pantai selatan, perusakan gumuk pasir serta berbagai modus perusakan alam lainnya.

"Kami mendukung Gubernur DIY menindak tegas perusak lingkungan hidup dan menimbulkan masalah sosial," kata Eko.

Menurut dia, sikap tegas terkait langkah penegakan hukum untuk aktivitas penambangan liar di berbagai kawasan di DIY perlu langkah nyata. Dukungan penuh perlu diberikan untuk aparat penegak hukum agar penambangan ilegal tidak menambah deretan masalah lingkungan di masa mendatang.

"Kerusakan ekosistem lingkungan butuh perhatian semua pihak," katanya.

Ketua Komisi A DPRD DIY ini juga menambahkan pihaknya sudah mendorong kepada aparat terkait, untuk bisa berkoordinasi dalam upaya penertiban tiap pelanggaran hukum yang terjadi. Ia mengapresiasi langkah persuasif untuk sosialisasi bagi warga di setiap kawasan agar bisa menjaga lingkungan dari penambangan ilegal.

Setop segala bentuk perusakan alam. Ia mengajak masyarakat untuk mendukung sikap tegas gubernur serta bersama sama mewujudkan lingkungan hidup yang baik dan berkualitas.

"Kami dukung 100 persen instruksi Gubernur DIY Sri Sultan HB X kepada penegak hukum dan kepala daerah untuk tidak ragu-ragu dalam penegakan hukum harus segera direspons. Jangan menunggu sampai terjadi kerusakan lingkungan yang lebih parah," kata Eko Suwanto. ***2***

(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024