Menhan: siswa SMA TN pelopor bela negara

id sma taruna nusantara

Menhan: siswa SMA TN pelopor bela negara

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu (kanan) menyalami sejumlah pelajar usai memberikan pembekalan Bela Negara di Balairung komplek SMA Taruna Nusantara (TN) Magelang, Jawa Tengah, Kamis (19/1). Dalam pidatonya, Menhan menyampaikan pentingnya bela ne

Magelang (Antara) - Menteri Pertahanan Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu mengatakan para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Taruna Nusantara merupakan pelopor kader bela negara.

"Saya berharap para siswa sebagai generasi muda penerus yang dididik, dibina, dan dilatih dengan sangat baik di SMA TN ini harus menjadi agen perubahan dan pelopor sikap dan perlaku bela negara," katanya di Magelang, Kamis.

Ia mengatakan hal tersebut pada ceramah pembekalan dalam rangka kunjungan kerja Menteri Pertahanan di SMA TN.

Ia mengatakan sudah banyak perubahan mendasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ini, pengaruh global dan perkembangan lingkungan strategis ternyata telah menimbulkan berbagai permasalahan yang kompleks dan multi dimensional, khususnya terkait dengan negara.

Ia menuturkan berbagai problem kebangsaan sudah terjadi di mana potensi disintegrasi bangsa, menurunnya nasionalisme serta semangat kebhinnekaan, masalah terorisme dan deradikalisasi yang mengarah pada semakin menurunnya kesadaran untuk membela negaranya semakin sering disaksikan.

"Hal ini sangat berbahaya apabila tidak ada upaya strategi yang tepat untuk berkesinambungannya dalam tugas," katanya.

Ia mengatakan dalam menghadapi permasalahan bangsa ini bukan hanya tugas Kementerian Pertahanan dan TNI semata, tetapi tugas seluruh komponen bangsa termasuk para siswa.

Ia mengatakan SMA TN ini tidak hanya mengemban tugas mendidik generasi muda bangsa untuk menjadi cerdas, tetapi juga mempunyai komitmen yang melaksanakan berbagai upaya mengembangkan dan meningkatkan kompetensi lulusannya, pimpinan yang berkarakter dan memiliki ciri khas kenusantaraan dan kearifan bangsa Indonesia.

Ia menuturkan pembekalan terkait bela negara ini untuk membekali jiwa para siswa supaya menjadi manusia yang utuh, cinta dan bangga terhadap tanah air, karena bela negara sebagai kewajiban masyarakat juga menjadi hak dan kehormatan bagi setiap warga negara dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab, rela berkorban bagi bangsa dan negaranya. ***4***(H018)