DKP kesulitan dongkrak produksi perikanan tangkap

id perikanan tangkap

DKP kesulitan dongkrak produksi perikanan tangkap

Kapal pencari ikan kelompok nelayan Bugel Peni, Desa Bugel, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (Foto ANTARA/Mamiek)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, kesulitan mendongkrak produksi kelautan dan perikan tangkap karena terkendala infrastruktur dasar dan kewenangan penanganan nelayan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulon Progo, Sudarna di Kulon Progo, Sabtu, mengatakan sampai saat ini, infrastruktur dasar produksi kelautan yakni Pelabuhan Tanjung Adikarto belum jadi.

"Pelabuhan Pelabuhan Tanjung Adikarto kunci utama mendongkrak hasil perikanan tangkap. Saat ini, nelayan Kulon Progo hanya menggunakan kapal motor tempel yang ruang lingkup tangkapnya terbatas, dan hasilnya terbatas," kata Sudarna.

Ia mengatakan DKP tingkat kabupaten hanya menangani dan mendampingi nelayan kecil. Sedangkan, nelayan yang skala menengah besar menjadi kewengan provinsi.

"Kami sudah berbuat maksimal untuk mendongkrak produksi kelautan dan perikanan tangkap. Tapi kembali lagi, kewenangan kami mendampingi nelayan kecil," kata dia.

Kepala Bidang Kelautan dan Perikanan Tangkap DKP Kulon Progo Prabowo Sugondo mengatakan profesi nelayan di Kulon Progo ini masih sambilan.

"Selama pertanian masih menguntungkan, nelayan akan bertani. Selain itu, sebagian nelayan juga beralih profesi menjadi pembudi daya udang," kata Prabowo.

Ia mengatakan turunnya produksi perikanan tangkap laut juga dikarenakan produksi perikanan tangkap menggunakan perahu motor tempel sangat tergantung oleh cuaca, angin, gelombang, posisi bulan, dan pasang surut.

Selain itu, terjadinya kemarau panjang menyebabkan suplai dari sungai ke laut menurun sehingga kandungan nutrisi air lau di jalur satu yang menjadikan kelimpahan fitoplankton menurun.

"Kami optimistis, produksi perikanan tangkap akan kembali meningkat pada 2016," katanya.


(U.KR-STR)