Dispar dorong Toraja jadi destinasi wisata halal

id wisata toraja halal

Dispar dorong Toraja jadi destinasi wisata halal

Ilustrasi Festival adu kerbau di toraja yang sangat diminati wisatawan. (Foto ANTARA)

Makassar (Antara) - Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan (Dispar Sulsel) mendorong Tana Toraja menjadi salah satu destinasi wisata halal di wilayah ini.

"Bagaimana Toraja ini didorong agar menjadi destinasi wisata halal, karena sekarang ini ada kesulitan kelompok wisatawan tertentu yang muslim untuk menikmati wisata yang halal di sana," kata Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dispar Sulsel Yulianus yang ditemui di Makassar, Rabu.

Yulianus mengatakan pada tahap awal pihaknya telah melakukan sosialisasi dengan pelaku industri pariwisata di Toraja untuk bersama mengubah stigma tidak halal yang telah melekat pada pariwisata Toraja.

"Kita bisa melihat bagaimana Bali misalnya,  di sana kan mayoritas non muslim tapi kelompok masyarakat lain tidak khawatir akan mengalami kesulitan mengenai makanan ketika berkunjung ke sana," jelasnya.

Menurut Yulianus,  wisata halal sebaiknya tidak dimaknai secara sempit hanya untuk wisatawan muslim.

Wisata halal,  secara luas,  kata dia, adalah bagaimana menyajikan makanan dan fasilitas lainnya sesuai dengan standar-standar kesehatan tertentu.

Toraja,  ucapnya,  telah memiliki daya tarik yang besar dengan pemandangan alam dan kekayaan kebudayaan yang beragam.

"Kalau daya tarik, Toraja sudah punya,  daya saingnya yang perlu kita tingkatkan, salah satunya dengan mengubah imej Toraja ini," pungkasnya.***1***    (KR-NJP)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024