Organda DIY siapkan bus cadangan jelang Natal

id Organda DIY siapkan bus cadangan jelang Natal

Organda DIY siapkan bus cadangan jelang Natal

Ilustrasi (Foto antaranews.com) (antaranews.com)

Yogyakarta,  (Antara Jogja) - Organisasi Angkutan Darat Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan 840 armada bus cadangan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama musim libur Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

"Karena setiap tahun (Natal dan Tahun Baru) selalu ada lonjakan penumpang, penyiapan armada tambahan sudah kami lakukan jauh-jauh hari sebelumnya," kata Ketua Organisasi Angkutan Darat Daerah Istimewa Yogyakarta (Organda DIY) Agus Adrianto di Yogyakarta, Kamis.

Menurut Agus, 840 armada cadangan tersebut seluruhnya merupakan bus pariwisata karena bus antar kota antar provinsi (AKAP) dari DIY jumlahnya sangat terbatas. Untuk bus AKAP yang tersedia saat ini total jumlahnya mencapai 440 unit, sedangkan bus antar kota dalam provinsi (AKDP) jumlahnya 449 unit, ditambah taksi mencapai 1.000 unit.

Bus-bus cadangan tersebut, lanjut dia, siap dioperasikan selama masa liburan Natal dan Tahun Baru namun harus memenuhi syarat tertentu seperti laik jalan agar tidak membahayakan penumpang.

Selain memastikan kesiapan fisik angkutan, Organda DIY juga akan mengecek lagi kesiapan sumber daya manusia (SDM) pengemudi. Untuk jarak tempuh 400 kilometer, pengemudi bus wajib dua orang. Pemeriksaan kesehatan setiap sopir akan dilakukan mendekati Natal dan Tahun Baru.

"Soal uji kelayakan angkutan, kami akan menyesuaikan agenda Dinas Perhubungan DIY saja," kata dia.

Agar tidak ada pelanggaran tarif, Organda sudah meminta setiap perusahaan bus AKAP memastikan tidak ada oknum yang nakal. "Sudah ada batas atas dan batas bawah tarif bus. Jika tak dipatuhi, ada sanksi," kata Agus.

Menurut Agus, tren pesebaran tujuan penumpang pada Natal dan Tahun Baru tidak jauh berbeda dengan Lebaran, yakni Jawa Tengah dan Jakarta.

Menurut Agus, untuk saat ini tingkat okupansi angkutan khususnya AKDP di DIY masih mencapau 15-20 persen. "Belum ada kenaikan okupansi. Biasanya mulai meningkat sepekan sebelum masa liburan," kata dia.

(T.L007)