Telkomsel tingkatkan daya saing generasi muda

id telkomsel

Telkomsel tingkatkan daya saing generasi muda

EVP Area Jawa Bali Telkomsel Ririn Widaryani saat membuka acara IndonesiaNEXT di Grha Sabha Pramana UGM Yogyakarta. (Foto Antara/Bambang)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Telkomsel dalam upaya mendukung generasi muda mempersiapkan diri dan meningkatkan daya saing di tingkat internasional mengadakan program IndonesiaNEXT yang digelar di enam perguruan tinggi negeri di Indonesia.

"IndonesiaNEXT bertema `Get Inspired, Be The Next` merupakan program sertifikasi yang bertujuan meningkatkan kapasitas dan mempersiapkan keahlian profesi mahasiswa dalam menghadapi persaingan global yang kompetitif," kata EVP Area Jawa Bali Telkomsel Ririn Widaryani di Grha Sabha Pramana UGM Yogyakarta, Kamis.

Ia mengatakan seiring kemajuan teknologi dan perkembangan dunia yang semakin cepat, dibutuhkan generasi muda yang mampu dan andal dalam menghadapi berbagai tantangan yang terus berubah.

Persaingan bisnis yang semakin ketat membuat generasi muda harus memiliki kualitas yang dibutuhkan baik secara akademis maupun profesional untuk dapat bersaing di tingkat nasional bahkan internasional.

Menurut dia, generasi muda Indonesia harus memiliki kualitas yang baik sehingga mampu bersaing dalam bisnis yang semakin ketat di tingkat internasional. Telkomsel selalu berupaya untuk mendukung pengembangan kemampuan dan pengetahuan mereka.

"Untuk itu kami menggelar IndonesiaNEXT sebagai bentuk tanggung jawab Telkomsel dalam memajukan generasi muda Indonesia serta wadah untuk meningkatkan kapasitas dan mempersiapkan keahlian profesi mereka," katanya.

Ia mengatakan rangkaian program IndonesiaNEXT diadakan di enam perguruan tinggi negeri di Indonesia, yakni Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) (25/10), Universitas Sumatera Utara (USU) Medan (14/11).

Kemudian Universitas Indonesia (UI) Depok (17/11), Institut Teknologi Bandung (ITB) (21/11), Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar (28/11), dan UGM.

Dalam kegiatan itu, kata dia, para peserta yang merupakan mahasiswa dari berbagai jurusan dan jenjang pendidikan perguruan tinggi berpartisipasi dalam seminar inspiratif dan sesi kreatif.

"Seminar inspiratif yang menghadirkan para pembicara praktisi bisnis yang telah sukses di bidangnya diharapkan membuka wawasan peserta untuk memahami pentingnya peningkatan mutu dan kompetensi sumber daya manusia agar dapat berkompetisi dalam skala global," katanya.

Sementara itu sesi kreatif mengulas bidang peminatan yang dipilih oleh peserta pada saat registrasi dilakukan, yang terbagi ke dalam kategori film, kuliner dan pariwisata, fashion, dan teknologi informasi.

"Materi pada sesi kreatif disampaikan oleh para pelaku bisnis di industri kreatif yang relevan dengan masing-masing bidang peminatan," kata Ririn.

Project Leader IndonesiaNEXT Jaka Susanta mengatakan para peserta berkesempatan mengikuti pelatihan dan ujian sertifikasi nasional maupun internasional.

Peserta yang lulus dari ujian sertifikasi tersebut akan mendapatkan sertifikat keahlian yang dapat digunakan oleh para mahasiswa sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

Selanjutnya, peserta yang telah melalui tahap seleksi akan memperoleh semakin banyak kesempatan dari berbagai jenis sertifikasi yang telah disediakan sesuai bidang peminatan.

Pada tahap akhir, menurut dia, akan dipilih 18 peserta terbaik yang berkesempatan untuk mengikuti short course di perusahaan digital ternama kelas dunia.

"Para mahasiswa yang berminat untuk berpartisipasi dalam program IndonesiaNEXT dapat melakukan registrasi secara online dengan mengakses situs indonesianext.id," kata Jaka.



(U.B015)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024