Pembelian tiket di Taman Pintar semakin mudah

id taman pintar

Pembelian tiket di Taman Pintar semakin mudah

Pelaksana Tugas Walikota Yogyakarta Sulistiyo mencoba wahana baru "Etika Lalu lintas" di Taman Pintar (Foto ANTARA/Eka Arifa R/ags/16)

Yogyakarta (Antara) - Pengunjung Taman Pintar Yogyakarta akan semakin mudah membeli tiket setelah pengelola wahana edukasi dan rekreasi tersebut menerapkan sistem pembelian tiket secara online sehingga pengunjung tidak perlu lagi mengantre di loket.

"Pembelian tiket secara online atau `e-ticket` sudah bisa dilayani mulai sekarang. Layanan `e-ticket` ini adalah inovasi Taman Pintar sekaligus untuk merayakan ulang tahun kedelapan Taman Pintar," kata Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Yunianto Dwi Sutono di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, pengunjung bisa memperoleh "e-ticket" tersebut dengan menguhubungi nomor telepon layanan Taman Pintar atau melalui laman resmi wahana edukasi dan rekreasi tersebut.

Tiket, lanjut dia, didesain dengan cukup sederhana namun sudah dilengkapi dengan "barcode" sehingga tidak dapat dipalsukan. Pengunjung tinggal memindai kode "barcode" yang tercetak di tiket saat akan memasuki wahana.

Yunianto menyebut, "e-ticket" akan sangat memudahkan pengunjung khususnya pengunjung dari luar kota yang hendak berwisata ke Taman Pintar. "Tidak perlu lagi mengantre di loket untuk membeli tiket. Tinggal membawa tiket yang sudah dipesan sebelumnya," katanya.

Saat Taman Pintar hanya melayani pembelian tiket secara manual, Yunianto menyebut, terkadang muncul antrean panjang pengunjung terutama saat puncak musim libur.

Selain menerapkan "e-ticket", Taman Pintar yang akan genap berusia delapan tahun pada 16 Desember itu juga melakukan pembenahan di sejumlah zona.

Salah satunya adalah Zona Etika Lalu Lintas yang kini berada di area "playground". Di zona tersebut, pengunjung bisa menambah pengetahuan tentang teknologi otomotif roda dua serta etika berlalu lintas.

Taman Pintar juga memindahkan perpustakaan ke Gedung Memorabilia yang ada di playground sehingga pengunjung tidak perlu membeli tiket masuk apabila ingin mengunjungi perpustakaan.

"Kami juga membuka `scince theater` di bekas Gedung Memorabilia, serta membuka `fun lab` di lantai tiga Gedung Kotak, dan memperluas Masjid Izul Ilmi," katanya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Yogyakarta Sulistiyo mengatakan, memberikan apreasi terhadap sejumlah langkah yang diambil Taman Pintar untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengunjung.

"Layanan `e-ticket` adalah terobosan yang bagus karena pengunjung tidak perlu antre membeli tiket. Yang penting adalah Taman Pintar bisa terus meningkatkan layanan sehingga pengunjung nyaman," katanya. ***1***

(E013)

(U.E013/B/N002/N002) 05-12-2016 14:42:35
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024