Sleman borong juara festival kuliner desa wisata

id desa wisata

Sleman borong juara festival kuliner desa wisata

Ilustrasi Gudeg (Foto ANTARA/Sidik)

Sleman, (Antara Jogja) - Kabupaten Sleman berhasil memborong kejuaraan dalam Festival Kuliner Desa Wisata dan Kampung Wisata se Daerah Istimewa Yogyakarta yang diselenggarakan Dinas Pariwisata DIY pada Kamis(24/11) di Desa Wisata Kalaijo Pajangan, Kabupaten Bantul.

Dalam festival tersebut Sleman mengirimkan empat desa wisata yaitu Sidoakur, Kelor, Pancoh dan Tanjung dari keseluruhan peserta dari kabupaten/ kota se DIY sebanyak 40 kelompok, kata Kadis Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman, Ayu Laksmidewi, Sabtu.

Menurut dia, kategori yang dilombakan meliputi kuliner ingkung, gudeg manggar, sate klathak dan mie lethek dengan unsure penilaian kekompakan dan kerjasama, penampilan sajian, rasa, kreativitas penyajian, bahan dan keserasian, ketepatan waktu serta kebersihan dan kerapian.

"Sleman memperoleh prestasi sebagai Juara 1 Kategori Sate Klathak oleh Desa Wisata Sidoakur Jethak II, Juara Favorit Desa Wisata Kelor, Juara 1 Kategori Mie Lethek oleh Desa Wisata Tanjung, Juara 3 Kategori Ingkung oleh Desa Wisata Sidoakur Jethak II, Juara Harapan 1 Kategori Gudeg Manggar oleh Desa Wisata Tanjung dan Juara Harapan 1Kategori Ingkung oleh Desa Wisata Pancoh," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi perolehaan kejuaraan yang diperoleh desa-desa wisata Sleman tersebut.

"Ini menunjukkan bahwa pengelolaan dan kualitas desa wisata di Sleman dinilai sudah cukup baik dibuktikan dengan kualitas sajian kuliner yang sungguh menggembirakan," katanya.

Ayu mengatakan, diharapkan para pengelola desa wisata di Sleman untuk terus berjuang keras berkreasi daan berinovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada wisatawan yang datang ke desa wisata.

"Kejuaraan bukanlah akhir dari perjuangan, yang terpenting adalah implementasi dari semangat untuk memberikan pelayanan yang prima kepada wisatawan," katanya.***1***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024