Pesta Keboen, Wisata Kuliner Istimewa Berbalut Romantisme di Kota Semarang

id Pesta Keboen

Pesta Keboen, Wisata Kuliner Istimewa Berbalut Romantisme di Kota Semarang

Pesta Keboen alternatif wisata kuliner favorit Semarang (Istimewa)

Semarang merupakan salah satu kota istimewa di Indonesia yang memiliki aneka kuliner khas yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Salah satu lokasi wisata kuliner favorit yang terkenal dan banyak dikunjungi para wisatawan adalah Pesta Keboen.

Pesta Keboen merupakan restoran yang berkonsep tempo dulu dan mengusung nuansa klasik. Restoran ini berada sekitar 1 kilometer ke arah Selatan dari simpang lima Semarang, tepatnya di Jl.Veteran no.29. Rumah makan ini memiliki sentuhan khas tempo dulu, baik dari segi bangunan, interior, maupun menu yang disajikan.

Rumah makan Pesta Keboen ini didirikan oleh Bapak Dede HP pada tahun 1997 dengan merenovasi rumah kuno yang dibelinya pada bulan april 1997. Rumah kuno itu sendiri telah berdiri sejak tahun 1959. Hal ini dibuktikan dengan peta kuno Hindia Belanda yang menunjukkan bahwa rumah tersebut sudah berdiri pada masa itu.

Pada awalnya kondisi rumah kuno ini sudah rusak dan memerlukan banyak perbaikan. Perlu waktu yang cukup lama bagi Bapak Dede untuk bisa merenovasi bangunan ini hingga menjadi bangunan mewah dan berkelas seperti saat ini.

Bangunan yang awalnya berupa rumah hunian ini akhirnya dipugar dan diubah menjadi rumah makan berkonsep langgam artdeco. Akhirnya rumah makan ini resmi didirikan dan dibuka untuk umum pada tanggal 1 juni 1997.

Pemiliknya sendiri lebih suka menyebut bangunan beserta isinya inisebagai ruang makan daripada restoran. Menurut beliau di dalam Pesta Keboen terdapat berbagai macam ruangan yang bisa digunakan sebagai tempat makan, jadi lebih pas jika disebut sebagi ruang makan.

Di sepanjang dinding ruangan, pengunjung rumah makan ini bisa melihat jajaran foto kota Semarang di masa lalu. Jajaran foto yang didominasi warna hitam cenderung gelap itu dapat membawa para wisatawan menikmati perjalanan sejarah kota Semarang dari waktu ke waktu.

Di setiap ruangan rumah makan Pesta Keboen ini juga terdapat kursi tamu kuno yang dilengkapi buffet atau lemari kuno yang digunakan sebagai tempat etalase pernak-pernik klasik, seperti gelas, cangkir, dan piring kuno. Salah satu pajangan yang paling unik yang dimiliki rumah makan ini adalah botol Coca-cola edisi pertama yang diluncurkan pada tahun 1975.

Setiap wisatawan yang berkunjung ke rumah makan ini juga mendapat sambutan yang hangat berupa welcome drink dan makanan ringan gratis. Welcome drink yang disajikan cukup unik, yaitu segelas es beras kencur, sedangkan makanan ringan yang disajikan berupa keripik singkong.

Aneka menu yang ditawarkan di rumah makan ini merupakan makanan khas nusantara seperti nasi pecel, lumpia, jus buah, dan aneka menu makanan lainnya. Salah satu menu andalan yang banyak diminati para wisatawan yang berkunjung ke Pesta Keboen adalah udang masak bawang.

Jika Anda berkunjung ke Semarang, jangan lupa singgah ke rumah makan ini dan nikmati suasana tempo dulu nan romantis. Selain Pesta Keboen, terdapat berbagai lokasi wisata kuliner lainnya yang patut anda kunjungi. Oleh karena itu Anda perlu menginap beberapa hari untuk memuaskan hasrat Anda berwisata kuliner di kota ini.

Untuk mendapatkan hotel yang murah di Kota Semarang, Anda bisa mengunjungi www.airyrooms.com. Cara pesan hotel di Airy Rooms juga sangat mudah, Anda bisa melakukan pemesanan di website Airy Rooms atau melalui aplikasi android/iOS yang bisa Anda download melalui ponsel pintar Anda.

Selamat berlibur di Kota Semarang ya.