Disbud DIY selenggarakan pekan budaya masuk kampus

id gamelan anak

Disbud DIY selenggarakan pekan budaya masuk kampus

Penabuh gamelan anak-anak (Foto Antara)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Universitas Muhammadiyah Yogyakarta akan menyelenggarakan Pekan Budaya Masuk Kampus 2016 pada 11-14 Oktober dengan melibatkan 65 kelompok kesenian di daerah itu.

Penanggung jawab Pekan Budaya Masuk Kampus (PBMK) 2016 Puji Qomariyah di Yogyakarta, Jumat, mengatakan gelaran budaya dengan tema "DIASPO|rchest|RA" yang akan berlangsung di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) itu bertujuan memberikan ruang interaksi budaya antara pelaku seni dan mahasiswa.

"Gelaran ini sekaligus sebagai ruang dialog antarmahasiswa yang memiliki latar belakang budaya berbeda," kata dia.

Puji menjelaskan dalam gelaran budaya empat hari itu 65 kelompok seni akan mementaskan tari sendratari, Festival Dolanan Anak, Panggung Musik Nusantara yang akan diisi musik etnik nusantara, Panggung Gamelan Anak, One Night Jazz, Lomba Ketoprak Anak, serta Pentas Seni Lintas Agama dan Keyakinan.

Menurut dia, tema "Diaspo (rchest) ra" akan menggambarkan persinggungan budaya yang cukup dinamis di Yogyakarta sehingga membuka ruang lahirnya budaya baru akibat silang budaya, asimilasi, dan akulturasi.

"Tema tersebut mencoba mendorong membumikan nusantara dalam realitas diaspora yang terjadi di Yogyakarta," kata dia.

Ia berharap gelaran PBMK 2016 akan mengukuhkan kembali Yogyakarta sebagai "City of Tolerance". "Karena dengan seni dan buday biasanya akan mengurangi sekat perbedaan dan mampu menghilangkan potensi konflik di Yogyakarta," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) DIY Umar Priyono mengatakan gelaran pekan budaya yang telah digelar untuk ketiga kalinya itu juga diharapkan memberikan ruang ekspresi bagi mahasiswa dan praktisi dalam merawat dan mengembangkan budaya.

"Acara ini diharapkan dapat mengurangi potensi hilangnya regenerasi di bidang kebudayaan," kata Umar. ***4***

(L007)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024