Sleman optimalkan pariwisata melalui Kepramukaan

id saka pariwisata

Sleman optimalkan pariwisata melalui Kepramukaan

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi menyerahkan pataka kepada perwakilan Saka Pariwisata Sleman. (Foto Disbudpar Sleman)

Sleman, (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta berupaya mengoptimalkan sektor pariwisata melalui kepramukaan yakni Saka Pariwisata.

"Kabupaten Sleman telah memiliki Saka Pariwisata sejak 2014. Keberadaan Saka Pariwisata ini dimaksudkan untuk mendidik generasi muda yang berkualitas sekaligus mendukung dan mengoptimalkan pemasaran pariwisata," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi, Senin.

Menurut dia, Pramuka merupakan akar budaya yang kuat dan memiliki peran yang strategis untuk membangun bangsa.

"Saka Pariwisata memiliki peran yang signifikan dalam upaya mendukung perkembangan kepariwisataan Kabupaten Sleman melalui aktivitas nyata yang dilakukan oleh para generasi muda," katanya.

Ia mengatakan, program Saka Pariwisata ini akan memberikan manfaat ganda yaitu pembinaan generasi muda sekaligus upaya promosi dan pemasaran pariwisata.

"Hal penting karena Kabupaten Sleman memiliki potensi pariwisata yang sangat prospektif untuk dikembangkan," katanya.

Ayu Laksmidewi yang merupalan Ketua Majelis Pembimbing Saka Pramuka Pariwisata Kwarcab Sleman periode 2014 - 2019 ini mengatakan dengan adanya Saka Pariwisata yang terbagi atas tiga krida, yaitu krida penyuluh wisata, krida kuliner wisata dan krida pemandu wisata diharapkan kedepan perkembangan kepariwisataan di Kabupaten Sleman dapat semakin baik.

"Dengan demikian semakin banyak komunitas yang peduli dan berkontribusi nyata terhadap kepariwisataan Sleman maka sektor ini akan dapat tergarap dengan baik dan didukung oleh banyak pihak. Ujungnya destinasi wisata di Sleman dapat menjadi acuan dan pilihan utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta," katanya.

Ia mengatakan, pendidikan dasar Saka Pariwisata Cabang Sleman akan dilaksanakan di tiga lokasi, yaitu di Kecamatan Depok, Kecamatan Godean dan Kecamatan Kalasan.

"Pendidikan dasar Saka Pariwisata yang dilaksanakan Minggu 2 Oktober 2016 di SMK PI Ambarukmo merupakan yang pertama kalinya dan diikuti 30 peserta," katanya. ***1***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024