Bupati : pendidikan garda terdepan pembentukan karakter anak

id bupati sleman

Bupati : pendidikan garda terdepan pembentukan karakter anak

Bupati Sleman Sri Purnomo (Foto antaranews.com)

Sleman (Antara Jogja) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Purnomo menyatakan pendidikan menjadi garda terdepan untuk menentukan kualitas dan karakter generasi penerus yang akan datang.

"Peran sekolah sebagai media pendidikan formal dengan kegiatan belajar mengajarnya menjadi pengaruh besar pembentuk karakter generasi penerus bangsa," kata Sri Purnomo saat melantik 84 kepala sekolah se-Kabupaten Sleman, Senin.

Menurut dia, kualitas pendidikan sebuah sekolah tidak terlepas dari peran kepala sekolah. Tugas sebagai kepala sekolah merupakan tugas yang berat dan penuh tantangan karena kepala sekolah merupakan figur yang menjadi contoh dan panutan bagi para guru dan para siswa dalam hal disiplin, netralitas, serta menjunjung tinggi etika dan moral.

"Kepala sekolah harus mampu meningkatkan dan mengembangkan kualitas manajemen yang mendukung kemajuan proses belajar mengajar di sekolah yang dipimpinnya," katanya.

Ia mengatakan, peningkatan kualitas pendidikan di seko?lah masing-masing adalah tugas dan tanggung jawab kepala sekolah.

"Kepala sekolah dituntut untuk mampu memotivasi guru, siswa dan karyawan-karyawati sekolah untuk bersinergi meningkatkan kualitas dan kemajuan sekolah," katanya.

Sri Purnomo mengatakan, kepala sekolah memiliki tugas yang komplek yaitu sebagai pemimpin dari organisasi sekolah, manajer, motivator, pendidik, administrator, dan sekaligus sebagai supervisor dari seluruh perangkat organisasi sekolah dalam mencapai tujuan bersama yang tertuang dalam visi misi sekolah.

"Dengan kata lain keberhasilan kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya berimplikasi terhadap kemajuan sekolah yang dipimpin," katanya.?

Sedangkan kepala sekolah yang dilantik terdiri dari sembilan kepala sekolah tingkat SMA/K, 18 Kepala sekolah tingkat SMP, dan 57 Kepala sekolah tingka SD.
V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024