DIY segera miliki pabrik pengolahan susu baru

id susu

DIY segera miliki pabrik pengolahan susu baru

Ilustrasi (griyawisata.com)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta segera memiliki pabrik pengolahan susu yang baru, sebagai upaya meningkatkan permintaan susu bagi bayi dan masyarakat umum di DIY.

"Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) DIY sedang mematangkan persiapan dengan investor Rusia yang akan menanamkan dananya di DIY," kata Ketua Komite Bisnis dan Promosi Investasi Kadin DIY Richard Kaunang, di Yogyakarta, Rabu.

Dia menambahkan Pembiayaan pabrik pengolahan susu tersebut merupakan kerjasama dengan Kadin DIY.

Saat ini, katanya, sudah ada pabrik susu SGM di Yogyakarta namun kapasitas produksinya belum mampu memenuhi seluruh permintaan masyarakat. Apalagi, permintaan susu di DIY saat ini semakin tinggi sementara suplai tidak memenuhi.

"Maka kita berharap kerjasama dengan pengusaha Rusia untuk membangun pabrik susu di DIY, terwujud segera," jelas dia.

Selain itu, tambah Richard, investasi tersebut juga akan memiliki area pemeliharaan sapi perah yang dikhususkan untuk menghasilkan susu dengan kualitas terjamin.

Pemeliharaan sapi, katanya, akan dikerjasamakan dengan masyarakat setempat melalui pembiayaan dana tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR).

"Kami akan memberdayakan masyarakat untuk memelihara dan mengelola pemeliharaan sapi sehingga menghasilkan susu terbaik. Jadi masyarakat juga akan terlibat aktif sejak awal investasi," papar Richard.

Lebih jauh, tambah dia, investasi itu juga akan mengembangkan pabrik mentega yang akan memenuhi kebutuhan dan permintaan masyarakat DIY, bahkan kapasitas produksinya juga diharapkan bisa memenuhi permintaan masyarakat secara nasional. 
KR-RHN
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024