Sleman kirim misi kebudayaan ke Probolinggo

id sleman

Sleman kirim misi kebudayaan ke Probolinggo

Kabupaten Sleman (Foto Istimewa)

Sleman, (Antara Jogja) - Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, akhir pekan ini mengirim misi kebudayaan dalam rangka Hari Jadi Kota Probolinggo ke-269, yang dikemas dalam kegiatan Semipro ke-8 Tahun 2016 (Seminggu di Probolinggo).

"Kontingen Kabupaten Sleman akan diwakili Bregada Prajurit Tradisional `Srikandi` dari Dusun Duwet Sendangadi Mlati Sleman Yogyakarta," kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman Endah Sri Widiastuti di Sleman, Sabtu.

Menurut dia, pengiriman misi kebudayaan itu, selain untuk ikut menyemarakkan HUT Kota Probolinggo ke-269 juga dimaksudkan untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi seni budaya Kabupaten Sleman kepada masyarakat luas secara nasional maupun internasional.

"Kontingen Kabupaten Sleman terdiri atas bregada prajurit wanita yang berjumlah 40 orang, 12 penari dan sembilan pengrawit," katanya.

Ia mengatakan diharapkan melalui pengiriman misi kebudayaan keluar daerah tersebut akan meningkatkan kerja sama antardaerah dalam rangka memajukan sektor pariwisata serta sekaligus untuk mendukung program-program keistimewaan DIY melalui optimalisasi pelestarian dan pemanfaatan potensi seni budaya yang memiliki nilai-nilai yang adiluhung.

"Selain itu juga sebagai ajang apresiasi bagi para pelaku dan pecinta seni budaya," katanya.

Endah mengatakan, Bregada Prajurit Tradisional "Srikandi" dari Dusun Duwet, Sendangadi, Mlati, Sleman akan tampil dalam kirab budaya sepanjang dua kilometer pada Minggu 28 Agustus 2016 jam 11.00 WIB di Kompleks Walikota Probolinggo Jawa Timur.

"Selain mengikuti kirab budaya, kontingen Kabupaten Sleman juga akan menampilkan display tarian di panggung kehormatan dengan tema `Derap Langkah Sembada`. Tarian ini menggambarkan semangat masyarakat Sleman dalam membangun bangsa," katanya.***4***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024