Gunung Kidul anggarkan Rp6,2 miliar revitalisasi pasar

id revitalisasi pasar tradisional

Gunung Kidul anggarkan Rp6,2 miliar revitalisasi pasar

Pedagang pasar tradisional (Foto antaranews.com)

Gunung Kidul, 25/8 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan anggaran Rp6,2 miliar untuk revitalisasi pasar tradisional agar mampu bersaing dengan toko modern atau toko berjejaring.

"Pasar modern memang tidak bisa dibendung. Untuk itu perbaikan pasar tradisional harus dilakukan agar mampu bersaing," kata Kepala Kantor Pengelolaan Pasar Gunung Kidul Widagdo di Gunung Kidul, Kamis.

Ia mengatakan pasar tradisonal akan terus didorong agar semakin nyaman sehingga masyarakat senang berbelanja di pasar tradisional. Selain itu, para pegadang diberikan pembinaan agar pelayanannya juga lebih baik.

"Pasar tradisional dibangun lebih bersih dan didukung fasilitas seperti MCK, tempat sampah hingga tempat ibadah," kata dia.

Sejumlah pasar tradisional yang akan direvitalisasi di antaranya Pasar Baran, Mentel, Klampok, Wonontoro, Jepitu, Grogol, Pasar Hewan, Siyono dan Jimbaran.

Selain revitalisasi fisik, pasar tradisional juga akan dibagi dalam zona sesuai jenis dagangan sehingga memudahkan masyarakat berbelanja. "Diharapkan, keberadaan pasar tradisional tetap eksis sekalipun muncul toko-toko modern," katanya.

Sementara itu, salah seorang warga Soezi Gunawan berharap pemerintah serius mengelola pasar tradisional sehingga masyarakat bisa nyaman berbelanja.

"Selain perbaikan bangunan, pemerintah sebaiknya membina pedagang agar pelayanan kepada masyarakat semakin baik, dan tidak menjual produk makanan yang dicampur dengan bahan berbahaya," katanya. ***3***
Pewarta :
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024