BPCB lakukan pergantian nat dua bangunan candi

id BPCB lakukan pergantian nat dua bangunan candi

BPCB lakukan pergantian nat dua bangunan candi

Candi Prambanan (Foto Antara/Wahyu Putro)

Sleman, (Antara Jogja) - Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta melakukan pergantian nat atau pengait antarbatu sebagai bentuk pemeliharaan.

"Dua bangunan candi yang dilakukan pergantian nat adalah Candi Brahmana di Komplek Candi Prambanan, dan Candi Sari di Dusun Bendan. Tirtomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman," kata ?Kepala Seksi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta Wahyu Astuti, Rabu.

Menurut dia, meski dalam pengerjaan, namun di dua candi tetap tidak ada larangan untuk wisatawan yang ingin berkunjung.?

"Pemeliharaan, penggantian nat saja, wisatawan tetap boleh berkunjung" katanya.

Ia mengatakan, proses penggantian nat ini, dilakukan di bagian atap candi. Pengait antar satu batu dengan yang lainnya.

"Setiap sepuluh tahun sekali, penggantiannya. Agar tak ada celah yang bisa membuat air masuk ke dalam candi," katanya.

Wahyu mengatakan, proses penggantian nat ini pun tergantung dari jumlahnya. Untuk Candi Sari memerlukan waktu sekitar satu bulan. Meski dalam pengerjaan, tak terlalu mengganggu dengan aktivitas wisatawan.?

"Setelah selesai pengerjaan di Candi Sari, akan segera mulai persiapan pemugaran di Candi Kalasan. Di sini, prosesnya juga tak akan membatasi pengunjung yang ingin melihat," katanya.

Kepala Unit Pemugaran BPCB Yogyakarta Indung Panca Putra mengatakan wisatawan tetap bisa melihat, bahkan ada wacana nanti diberi tempat khusus.

"Adanya wisatawan atau pengunjung yang sengaja melihat prosesnya ini bisa lebih bagus. Selain ikut mengawasinya, juga menambah pengetahuan mereka mengenai bagaimana cara memelihara ataupun memugar sebuah candi," katanya.


(U.V001)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024