Legislator : Dukung tindakan tegas atasi aksi separatis

id aksi separatis, ditindak tegas

Legislator : Dukung tindakan tegas atasi aksi separatis

DPRD (Foto Istimewa)

Yogyakarta, 16/7 (Antara) - Tindakan tegas aparat kepolisian dan TNI terhadap pelaku aksi-aksi separatisme yang bisa mengganggu Negara Kesatuan Republik Indonesia patut mendapatkan dukungan, kata Ketua Komisi A DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta Eko Suwanto.

"Yogyakarta sebagai benteng kebangsaan Indonesia, DIY tidak boleh dinodai aksi sepihak kaum separatis yang menyebarkan kampanye separatisme dan mengajak perpecahan bangsa," kata Eko Suwanto, Sabtu.

Menurut dia, sebagai satu bagian dari bangsa yang berdaulat penuh, Yogyakarta harus bebas dari aksi separatisme.

"Tidak boleh ada lagi aksi sepihak kaum separatis di Yogyakarta. Kita apresiasi langkah kepolisian dan TNI tangani aksi separatisme dengan respon cepat," katanya.

Ia mengatakan, kerja sama BIN dan aparat intelejen lainnya untuk melakukan deteksi dini agar aparat hukum, khususnya polisi dan TNI bisa bergerak cepat menindak kaum separatis juga harus didukung.

"Kami juga harap partisipasi masyarakat untuk aktif memantau lingkungan dan melaporkan aktifitas-aktifitas yang patut diduga termasuk tindakan separatisme dan terorisme," katanya.

Eko berharap, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X segera melakukan komunikasi dengan kepala daerah di Tanah Air untuk bersama-sama melakukan pembinaan kepada pelajar dan mahasiswa yang menempuh studi di Yogyakarta.

"Kita dukung gubernur se-Indonesia melaksanakan tanggung jawabnya dalam membina wawasan kebangsaan terhadap pelajar dan mahasiswa yang belajar di Yogyakarta," katanya.

Ia mengatakan, gubernur se-Indonesia diharapkan bisa rutin mengunjungi anak-anaknya di Yogyakarta.

"Pelajar dan mahasiswa yang belajar di Yogyakarta akan menjadi benteng kebangsaan, benteng ke-Indonesia-an kita dari ancaman separatisme," katanya.

Pada prinsipnya, kata dia, asrama mahasiswa daerah harus menjadi benteng NKRI dari ancaman separatisme dan terorisme sehingga peningkatan wawasan kebangsaan dan penanaman rasa cinta tanah air mendesak untuk dilakukan secara simultan dan berkelanjutan.

"Kami dukung penuh aparat penegak hukum untuk bertindak tegas terhadap kaum separatis. Kalau ada aksi kaum separatis yang dilakukan siapapun, tangkap saja sesuai hukum yang ada," katanya.

Ia mengatakan, Komisi A DPRD DIY akan segera mengundang Pemda DIY dan aparat hukum untuk memberikan dukungan pada aparat yang melaksanakan tugas menjaga NKRI. ***2***
Pewarta :
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024