Disbudpar Sleman Gelar Festival Kesenian Religius

id kesenian religius

Disbudpar Sleman Gelar Festival Kesenian Religius

Kabupaten Sleman (Foto Istimewa)

Sleman, (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman akan menggelar Festival Kesenian Religius, pada Jumat (15/7) dan Sabtu (16/7) jam 18.30 WIB hingga selesai di Desa Wisata Grogol, Margodadi Seyegan Sleman.

"Festival kesenian religius tersebut akan diikuti 17 grup dari 17 kecamatan se Kabupaten Sleman," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi, Rabu.

Menurut dia, diadakannya Festival Kesenian Religius Kabupaten Sleman ini diharapkan selain menjadi ajang tampil, memupuk kreativitas dan ajang apresiasi bagi pelaku dan pecinta seni.

"Selain itu diharapkan juga dapat menjadi hiburan bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara," katanya.

Ia mengatakan, festival kesenian religius ini akan memperebutkan tropi kejuaraan dan uang pembinaan sejumlah total Rp25 juta.

"Uang pembinaan dengan peruntukan Penyaji Terbaik I mendapatkan hadiah Rp7.5 juta, Penyaji Terbaik II Rp6 juta dan penyaji terbaik III sebesar Rp5,5 juta. Sedangkan untuk Juara Harapan I mendapatkan hadiah Rp4 juta, Juara Harapan II Rp3,5 juta dan Juara Harapan III Rp3 juta," katanya.

Ayu mengatakan, Festival Kesenian Religius Kabupaten Sleman 2016 ini diikuti oleh 17 grup yang direkomendasikan oleh masing-masing kecamatan.

"Adapun dewan juri yang akan dihadirkan dalam kegiatan tersebut adalah DR Kuswarsantya dari UNY, dan Dra Daruni MHum dan Sancaka SPd dari ISI Yogyakarta," katanya. ***4***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024