Lebaran 2016 - Masyarakat Sleman diimbau santun informasi pada pemudik

id sleman

Lebaran 2016 - Masyarakat Sleman diimbau santun informasi pada pemudik

Kabupaten Sleman (Foto Istimewa)

Sleman (Antara Jogja) - Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mengimbau masyarakat untuk menyambut para pemudik yang mulai berdatangan di wilayah setempat dengan santun.

"Kami minta agar pemudik yang mulai datang atau melewati wilayah Sleman untuk disambut dengan santun dan penuh informasi," kata kata Kepala Dishubkominfo Kabupaten Sleman, Agus Susilo Endiarto di Sleman, Jumat.

Menurut dia, Informasi-informasi yang perlu diberikan kepada pemudik selain jalur jalan, maupun jalur alternatif juga tempat-tempat istirahat.

"Justru yang lebih utama adalah tempat-tempat istirahat, karena para pemudik yang masuk Sleman telah menempuh perjalanan berjam-jam, mereka tentunya sudah lelah dan jenuh," katanya.

Ia mengatakan, untuk tempat istirahat di wilayah Sleman yakni di kawasan jembatan timbang yang sementara tidak operasional selama arus mudik dan arus balik.

"Ada dua jembatan timbang yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat istirahat, yakni di Jalan Solo Km 11 Tegaltirto Berbah dan di Jalan Solo Km 14 Tirtomartani, Kalasan," katanya.

Agus mengatakan, pihaknya jua akan menempatkan sejumlah relawan di tempat-tempat istirahat tersebut, terutama untuk petugas kesehatan.

"Selain itu kami juga mengupayakan untuk menyediakan fasilitas-fasilitas lainnya agar pemudik dapat beristirahat seoptimal mungkin," katanya.

Ia mengatakan, selain itu pemudik juga perlu diberi informasi tentang objek-objek wisata di Sleman, selain yang selama ini telah menjadi favorit seperti Kaliurang dan Candi Prambanan.

"Di Sleman ini banyak objek wisata yang menarik, termasuk juga desa-desa wisata yang dapat dimanfaatkan untuk istirahat. Jika wisatawan bisa menyebar dan tidak hanya di satu titik wisata maka akan membantu mengurangi kemacetan lalu lintas," katanya.
V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024