Pemkab Bantul upayakan jembatan Bem-Bem bisa dilewati

id pembangunan jalan

Pemkab Bantul upayakan jembatan Bem-Bem bisa dilewati

Ilustrasi pembangunan jalan (foto antaranews.com)

Bantul (Antara) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan mengupayakan jembatan Bem-Bem yang terdapat di Jalan Imogiri Timur yang saat ini masih dalam pembangunan bisa dilewati saat arus mudik dan balik Lebaran 2016.

"Yang di jalan Imogiri Timur saya akan bilang ke Pemda DIY karena di situ kan sedang ada pembangunan jembatan, akan kami komunikasikan setidaknya untuk sementara bisa dilewati dulu," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul, Riyantono di Bantul, Sabtu.

Menurut dia, jembatan Bem-Bem yang terdapat di Jalan Imogiri Timur tepatnya wilayah Desa Trimulyo, Kecamatan Jetis Bantul, sedang dibangun sejak awal puasa, namun pembangunan yang ditangani Pemda DIY hingga pertengahan puasa belum terselesaikan.

Meski begitu, kata dia, Pemkab Bantul yang memiliki wilayah tersebut meski kewenangan jalan berada di DIY ingin mengupayakan jembatan bisa dilewati, mengingat jalur tersebut merupakan jalur alternatif mudik dan balik Lebaran yang melewati jalur selatan.

"Kalau tidak bisa dilewati maka akan terjadi kemacetan parah di sana, makanya akan kita komunikasikan dengan provinsi," kata Toni sapaan akrab Sekda Bantul ini.

Selama pekerjaan pembangunan jembatan Bem-Bem tersebut Jalan Imogiri Timur mulai dari simpang empat Jejeran (utara jembatan) ditutup untuk akses kendaraan bermotor sampai pertigaan sebelah selatan jembatan.

Dengan demikian, bagi pengguna jalan yang melintas di jalur tersebut selama ada pembangunan harus menghindari jembatan dengan memutar melalui Jalan Imogiri Barat melewati simpang empat Sudimoro Sewon menuju simpang empat Jetis atau sebaliknya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bantul, Heru Suhadi mengatakan, proyek pembangunan jembatab Bem-Bem di Jalan Imogiri Timur sepenuhnya ditangani DIY, sehingga pihaknya terus berkoordinasi dengan dinas teknis terkait di DIY supaya pekerjaan berjalan lancar.

"Namun Insya Allah untuk mudik Lebaran nanti sebagian besar jalan sudah siap, kalau ada pekerjaan jalan mungkin sudah selesai menjelang arus mudik," katanya.

(KR-HRI)