PMI DIY siapkan 25 Posko Siaga Lebaran

id PMI DIY siapkan 25 Posko Siaga Lebaran

PMI DIY siapkan 25 Posko Siaga Lebaran

ambulans PMI (Antara Foto)

Yogyakarta,  (Antara Jogja) - Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan 25 Pos Komando Siaga Lebaran 2016 beserta 20 ambulans di sepanjang jalur mudik di daerah setempat mulai 2 Juli hingga 10 Juli 2016.

"Berkaitan dengan perlunya pertolongan pertama untuk para pemudik yang kemungkinan mengalami kecelakaan, kami menyiapkan 25 pos komando (posko) dengan melibatkan seluruh PMI se-DIY," kata ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Herry Zudianto di Yogyakarta, Jumat.

Ia mengatakan Pos Komando (Posko) yang pelayanannya dimulai pada H-4 hingga H+4 Lebaran itu akan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY dan kabupaten/kota, kepolisian, Dinas Perhubungan, pemadam kebakaran, Kwarda dan Kwarcab Gerakan Pramuka DIY, serta organisasi sosial lainnya.

"Posko itu akan melibatkan sukarelawan yang memiliki pengetahuan dan skill pertolongan pertama dan ambulans dengan durasi waktu yang bervariasi dari masing-masing PMI kabupaten/kota," kata Herry.

Menurut dia 25 posko siaga PMI itu antara lain lima posko dari PMI Kota Yogyakarta yang akan didirikan di Terminal Giwangan, Titik Nol Yogyakarta, Kebun Binatang Gembira Loka, serta Markas PMI Kota Yogyakarta.

PMI Kabupaten Bantul akan menyiapkan Posko di Pos Masjid Aceh (perempatan Madukismo), Pos Ketandan, serta Markas PMI Bantul.

Adapun PMI Kabupaten Kulon Progo, kata dia, akan menyiapkan Posko di Jembatan Timbang Kulwaru, Terminal Wates, dan Markas PMI Kabupaten Kulon Progo.

PMI Kabupaten Gunung Kidul akan menyiapkan posko di Pos Gading, Pos SMK Muh Pathuk, Pos Paliyan, Pos Trowono (sub Pos Paliyan, mobilling objek wisata, dan Markas PMI Gunung Kidul.

Sementara PMI Kabupaten Sleman menyiapkan posko di delapan titik yakni yakni di Markas PMI Sleman, Terminal Jombor, Pos Tempel, Pos Pakem, halaman Kantor Kecamatan Depok, Jembatan Timbang Kalasan, halaman Puskesmas Ngemplak, dan Pos Maguwoharjo.

Herry melanjutkan, untuk ketersediaan stok darah di bulan Ramadhan, stok darah PMI se-DIY masih aman meski perlu perhatian khusus saat memasuki Lebaran. Menurut dia donor darah selalu diselenggarakan sebelum dan saat Ramadhan di berbagai masjid, serta gereja dengan waktu yang ditentukan.

(T.L007)