Bupati harapkan Dirut Aneka Dharma majukan perusahaan

id bupati bantul

Bupati harapkan Dirut Aneka Dharma majukan perusahaan

Bupati Bantul, Suharsono (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul, (Antara Jogja) - Bupati Bantul Suharsono mengharapkan Direktur Utama Perusahaan Daerah Aneka Dharma yang baru saja dilantik mampu memajukan dan mengembangkan perusahaan yang lebih baik daripada sebelumnya.

"Direktur Utama (Dirut) Aneka Dharma diharap bisa menjalankan tugas sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan, bekerja secara profesional, dan memajukan perusahaan sehingga bisa memberi kontribusi positif ke daerah," kata Bupati di sela pelantikan Dirut PD Aneka Dharma di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat.

Aditya Hera Nurmoko dilantik dan diambil sumpah jabatannya sebagai Dirut PD Aneka Dharma oleh Bupati Bantul sehingga salah satu badan usaha milik daerah (BUMD) Bantul itu saat ini sudah mempunyai pimpinan definitif setelah hampir setahun dipimpin seorang pelaksana tugas (plt.).

Bupati mengatakan bahwa pemerintah daerah mendirikan BUMD tentunya mempunyai tujuan mulia untuk memajukan daerah, di antaranya dengan mencari keuntungan dari sektor usahanya serta pemenuhan hajat hidup orang banyak atau rakyat Bantul.

Meski demikian, kata Bupati, selama ini pemerintah daerah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bantul sudah banyak memberikan penyertaan modal ke perusahaan daerah. Namun, kontribusi yang diberikan ke daerah belum optimal.

"Untuk itu, pemda menaruh harapan kepada dirut yang baru agar PD menjadi BUMD yang profesional sesuai dengan harapan bersama. Untuk itu, lakukan terobosan dan pemetaan atas masalah yang dihadapi Aneka Dharma, serta kajian teknis dan bisnis yang sedang di jalani," katanya.

Bupati juga berpesan kepada pimpinan perusahaan supaya membenahi tingkat pelayanan, tentukan strategi operasional perusahaan, menciptakan kemandirian, dan mengembangkan jaringan bisnis agar mampu menjadi perusahaan yang bonafit.

"Saya yakin eksekutif dan legislatif mendukung upaya untuk memajukan perusahaan daerah. Untuk itu, PD Aneka Dharma harus intens membangun komunikasi dan jejaring kepada semua elemen yang ada. Selain itu, menghasilkan produk disertai dengan strategi pemasaran yang andal," katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kerja Sama dan Pengembangan Potensi Daerah (KPPD) Bantul Edy Bowo Nurcahyo mengatakan bahwa Aditya terpilih sebagai Dirut PD Aneka Dharma setelah bersaing dengan lima kandidat lainnya dalam seleksi penentuan pimpinan salah satu BUMD tersebut.

"Seleksi mulai dari tes tertulis, kesehatan, hingga uji kepatutan dan kelayakan mengerucut pada Aditya Hera Nurmoko. Kita harap ke depan bisa memimpin dan majukan perusahaan daerah sehingga bisa memberi masukan PAD yang signifikan," katanya.

(KR-HRI)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024