Bupati : KKN sarana latihan memahami permasalahan masyarakat

id sri purnomo

Bupati : KKN sarana latihan memahami permasalahan masyarakat

Bupati Sleman Sri Purnomo (Foto Antara/Wahyu Putro)

Sleman, (Antara Jogja) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Purnomo menyatakan bahwa kuliah kerja nyata merupakan sarana latihan bagi mahasiswa dalam memahami dan mencari solusi atas berbagai permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat.

"Melalui kegiatan KKN dapat memfasilitasi masyarakat melalui berbagai program keilmuan yang dimiliki para peserta," kata Sri Purnomo saat menerima mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) UGM, Selasa.

Sebanyak 327 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) UGM akan melakukan kegiatan KKN di 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Sleman mulai 21 Juni hingga 7 Agustus.

"Pelaksanaan KKN-PPM ini diharapkan benar-benar mampu memberikan solusi terhadap permasalahan di daerah serta mendukung upaya pengembangan potensi yang dimiliki oleh daerah yang dijadikan sebagai lokasi KKN. Dengan pendampingan dan pembinaan yang intensif, saya yakin masyarakat akan dapat meningkatkan taraf perekonomian sehingga dapat membantu program pengentasan kemiskinan," katanya.

Pimpinan rombongan KKN Joko Setiono SH. M.Hum mengatakan bahwa mahasiswa peserta KKN tersebut terdiri dari empat bidang keilmuan yaitu sains dan teknologi, agronomi, kesehatan, serta sosial humaniora yang didampingi 10 dosen pembimbing lapangan dan dua dosen koordinator wilayah yaitu Sleman Barat dan Timur.

"Mahasiswa kami nantinya akan diterjunkan di sepuluh kecamatan yaitu Berbah, Cangkringan, Godean, Kalasan, Minggir, Moyudan, Ngemplak, Pakem, Prambanan, dan Turi," katanya.

Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Gajah Mada Prof Dr Suratman, M.Sc mengatakan bahwa kegiatan KKN di Kabupaten Sleman mutlak dilaksanakan karena secara administratif UGM berada di Sleman.

"Sleman merupakan kampung halaman karena secara administratif UGM ada di dalamnya, kegiatan KKN ini sebagai wujud pembangunan bagi daerah," katanya.

Suratman menambahkan bahwa sebelum terjun ke lapangan, mahasiswa peserta KKN sudah diperkuat "research base" dari para dosen pembimbing yang diharapkan dapat diaplikasikan di lingkungan masyarakat terlebih-lebih setiap kelompok terdiri dari berbagai disiplin ilmu.***4***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024