Perupa Gunung Kidul ziarah makam Demang Wonopawiro

id gunung kidul

Perupa Gunung Kidul ziarah makam Demang Wonopawiro

Gunung Kidul (foto istimewa)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Ikatan Perupa Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berziarah ke makam salah satu pendiri kabupaten ini, yakni Ki Demang Wonopawiro di Piyaman, Wonosari.

Ketua Ikatan Perupa Gunungkidul (IPG) Herlan Susanto di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan kegiatan yang dilakukan perupa Gunung Kidul untuk aktualisasi keberadaan Demang Wonopawiro yang selama ini jarang diziarahi Pemkab Gunung Kidul.

"Demang Wonopawiro memiliki peran penting dalam pendirian Kabupaten Gunung Kidul. Selama ini pemkab hanya berziarah kepada mantan bupati tanpa mengunjungi Ki Demang Wonopawiro," kata Herlan.

Ia mengatakan berdasarkan cerita Babad Nongko Doyong Ki Demang merupakan orang yang melakukan babat alas "nongko doyong" yang menjadi cikal bakal wonosari.

Ia berharap pemkab memperhatikan makam. "Kami berharap pemkab memperhatikan Ki Demang, jangan sampai sejarah dilupakan," ucapnya.

Herlan mengatakan dengan lukisan dan aksi treatikal ini merupakan wujud upaya dari seniman untuk mengingatkan sejarah Gunung Kidul dan peran Demang Wonopawiro. "Ini bentuk apresiasi kami terhadap sejarah Gunung Kidul," katanya.

Ketua DPRD Suharno mengatakan pihaknya mengapresiasi langkah yang dilakukan IPG yang mengingatkan tentang peran dari Ki Demang Wonopawiro saat hari jadi 185 tahun. Harapannya masyarakat Gunung Kidul menjadi mengerti tentang sejarahnya. Untuk kebijakan, pihaknya mendorong pemkab untuk memperbaiki makam.

"Kami akan mengawal untuk memperbaiki makam tokoh yang merupakan pendiri Gunung Kidul. Jangan sampai masyarakat tidak tahu peran Ki Demang," katanya.

Ia berharap ke depan Pemkab Gunung Kidul memperhatikan makam Ki Demang Wonopawiro sehingga tidak lupa akan sejarahnya.

"Saya akan mengusulkan untuk melakukan ziarah ke makam Demang Wonopawiro saat hari jadi. Hal ini sebagai bentuk pennghargaan atas jasanya," katanya. ***4***

(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024