Sekolah Gunung Kidul belum dapat bantuan PIP

id sekolah

Sekolah Gunung Kidul belum dapat bantuan PIP

Ilustrasi siswa sekolah (agus priyanto/ant)

Gunung Kidul (Antara) - Sejumlah sekolah di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, belum mendapatkan bantuan melalui Program Indonesia Pintar.

Kepala Sekolah MTS Yappi Mulusan Gunung Kidul, Supardi, di Gunung Kidul, Kamis, mengungkapkan pihaknya belum mendapatkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP).

"Di sekolah kami cukup banyak siswa yang tidak mampu dari segi ekonomi. Dari 160 siswa setengahnya berasal dari keluarga tidak mampu. Sebanyak 80 siswa yang membutuhkan KIP ini. Sedangkan kuota hanya sedikit untuk sekolah pinggiran seperti kami," katanya.

Ia mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi terkait hal ini. Namun jumah yang diterima berbeda dengan jumlah yang diajukan.

"Hingga kini KIP masih belum didistribusikan alasannya masih dalam tahap pendataan," katanya.

Supardi berharap KIP ditambah lagi untuk mengcover siswa kurang mampu. Pada saat pendaftaran masuk untuk mengetahui keadaan ekonomi dari masing-masing murid.

"Namun antara yang diusulkan dengan yang diberikan, jumlahnya sedikit yang diberikan," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Disdikpora Gunung Kidul Bahron Rosyid mengatakan pihaknya tidak bisa berbuat banyak karena program tersebut langsung dikelola pusat dari pemerintah pusat ke masyarakat melalui camat atau Lurah merujuk BDT dari TN2PK. Pemberitahuan kepada sekolah juga ada, namun tanpa melalui campur tangan Disdikpora Gunung Kidul.

"Langsung disdtribusikan pusat tidak melalui kami," ucapnya.

Namun demikian pihaknya tetap memfasilitasi sekolah untuk melakukan pendataan siswa yang direkomendasikan mendapatkan bantuan PIP.

"Untuk siswa-siswa yang tidak mampu secara ekonomi, seperti saat pendaftaran peserta didik baru dengan mengisi blanko yang menerangkan keadaan ekonomi siswa," katanya.

(KR-STR)